Daun Neem Bermanfaat untuk Kecantikan

Daun Neem atau daun intaran (sunrisebotanics)

MALANGVOICE – Neem atau daun intaran berbentuk gerigi dari pohon kayu dan sering dijumpai di pinggir jalan sebagai pohon perindang ini ternyata memiliki banyak khasiat.

Dalam bahasa lain Neem disebut Panacea atau obat penyambuh. Dilansir boldsky, Neem memiliki sangat cocok dijadikan obat keluarga karena minim efek samping, namun cara pembuatannya sedikit memakan waktu lama agar bisa memberikan efek baik bagi tubuh. Tapi zaman sekarang sudah banyak dijual sari atau minyaknya di toko herbal.

Neem lebih populer di India, Sri Lanka dan Bangladesh karena merupakan tanaman khas di sana. Tanaman yang memiliki nama latin Azadirachta indica ini terbukti memiliki kandungan anti bacterial, antidiuretik, antifungal, antiviral, dan sedatif.

BNN Kota Malang

Kandungan Antifungal dan anti bacterial yang kaya, sangat cocok untuk menghilangkan ketombe pada rambut juga membuatnya fresh dan segar. Sepotong daun Neem juga bisa mempercepat penyembuhan pada luka terbuka, bahkan lebih baik daripada obat lain.

Selain itu, Neem sangat bermanfaat menjaga kulit. seperti bisa menghilangkan gatal hanya dengan menempelkan daun di kulit yang terinfeksi. Minyak yang dihasilkan sering digunakan untuk kecantikan karena bisa menghilangkan jerawat dan meremajakan wajah, terutama pada wanita yang ingin tampil cantik dengan kulit mulus.

Gangguan kulit lain seperti bisul juga mudah sekali dihilangkan dengan daun tersebut. Jika diminum maka daun intaran dipercaya bisa mengobati penyakit diabetes meskipun sangat pahit. Namun apa salahnya untuk dicoba. –