Dahi Menggelap? Atasi Dengan Masker Alami Ini!

ilustrasi. (Healthline)
Article top ad

MALANGVOICE – Saat liburan, terkadang kita mengabaikan kesehatan kulit kita, termasuk paparan sinar matahari. Alhasil, sebagian kulit menggelap.

Tak hanya bagian tubuh seperti tangan dan kaki saja, wajah juga ikut menggelap akibat paparan sinar matahari termasuk juga dahi atau kening.

Nah, untuk mengatasi masalah kulit tersebut, MVoice telah merangkum tips memutihkan dahi yang menghitam akibat paparan sinar matahari yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jeruk Nipis

Kandungan antioksidan dalam jeruk nipis dipercaya mampu untuk mencerahkan area dahi. Selain mencerahkan, jeruk nipis juga dapat membantu mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

Caranya, Anda dapat mengiris tipis jeruk nipis dan langsung tempelkan pada area dahi. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Cara lain untuk memanfaatkan jeruk nipis adalah mencampurnnya dengan lemon dan aloe vera. Kemudian oleskan pada area dahi dan biarkan beberapa waktu kemudian bilas.

2. Madu

Madu memiliki beragam khasiat dan manfaat salah satunya untuk mencerahkan kulit. Anda bisa mencampurkan madu dengan pepaya segar. Blender kedua bahan hingga cair menyerupai pasta, campuran keduanya bisa Anda oleskan ke area dahi dan biarkan hingga mengering. Usai 20 menit, basuh menggunakan air dingin.

Selain itu, madu bisa dikombinasikan dengan jus nanas. Nanas yang memiliki kandungan hampir 80 persen vitamin C ini dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah. Campurkan sendok teh madu dengan nanas lalu oleskan ke seluruh dahi Anda. bersihkan menggunakan air dingin setelah didiamkan selama menit.

3. Kentang

Kentang dipercaya mengandung senyawa aktif. Umbi-umbian ini berperan untuk menyamarkan flek hitam dan mencerahkan kulit. Tak jarang, kentang digunakan sebagai salah satu bahan alami dalam mengatasi area dahi yang menggelap.

Caranya cukup mudah, Anda hanya mencuci bersih kentang yang sudah dikupas dan blender dengan tambahan madu secukupnya. Kemudian campuran ini bisa Anda oleskan pada dahi dan diamkan hingga mengering. Bilas sisa campuran kentang tersebut hingga bersih.

4. Buttermilk dan Oatmeal

Buttermilk memiliki kandungan lactic acid yang tergolong sebagai kandungan AHA. Nah, untuk mencerahkan area dahi, Anda dapat mencampurkan sendok teh buttermilk dan oatmeal yang kemudian diaduk hingga campuran keduanya merata. Kemudian, oleskan campuran tersbeut ke area dahi Anda dan diamkan selama menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Anda bisa melakukan cara ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Bubuk Almond dan Rose Water

Kandungan vitamin E dalam almond sangat efektif dalam membantu merawat kulit. Selain itu, vitamin E juga dapat meminimalisir kerusakan kulit yang terbakar. Untuk itu, almond juga dapat membantu mencerahkan area gelap pada dahi.

Anda dapat mencampurkan sendok teh bubuk almond dengan air mawar. Lalu oleskan ke seluruh dahi dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air dingin. Perawatan ini bisa Anda coba 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.(Hmz/Aka)