Jelang Pilwali 2018 Kota Malang

Cari Pendamping Anton, PKB Segera Jaring Bakal Calon Wawali

Segenap pengurus DPC PKB dan DPD PKS Kota Malang bertemu di Baiduri Sepah Resto. (Muhammad Choirul)
Segenap pengurus DPC PKB dan DPD PKS Kota Malang bertemu di Baiduri Sepah Resto. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Ketua DPC PKB Kota Malang, HM Anton, kian menunjukkan pergerakan cepat menyongsong Pilwali 2018 mendatang. Kamis (27/7) petang ini, pihaknya bertemu segenap pengurus DPD PKS Kota Malang di Baiduri Sepah Resto.

Dalam kesempatan itu, Anton menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan membuka penjaringan bakal calon wakil wali kota (Wawali). Proses yang dimulai Agustus ini, nantinya diserahkan sepenuhnya kepada tim yang dibentuk DPC.

“Penjaringan ini hanya untuk calon N2, tidak untuk N1, karena keinginan partai kan memang menginginkan saya maju lagi sebagai N1,” tegas wali kota ini.

Anton menambahkan, penjaringan tersebut menyasar beragam kalangan, baik internal maupun eksternal PKB. Dia menegaskan, tidak ada pembatasan latar belakang, artinya bisa dari kalangan politisi, pengusaha, ataupun akademisi.

“Yang jelas kalau saya ya inginnya yang klik dengan saya, tapi dengan proses yang berjalan saya mengikuti sesuai administrasi dan mekanismenya,” paparnya.

Hal ini juga mendapat respon pengurus PKS. Ketua DPD PKS Kota Malang, Ernanto Joko, menyampaikan, pertemuan kali ini merupakan momentum menjalin komunikasi politik secara formal.

Sebelumnya, dia mengaku telah beberapa kali berkomunikasi dengan PKB secara informal. Dia juga tidak menampik ada kemungkinan besar menjalin koalisi.

“Kriteria yang akan kami usung tentu yang mewakili karakter Kota Malang, yakni ada unsur kebhinnekaan dan agamis. Fungsi komunikasi politik kami kali ini juga untuk menentukan akan maju sendiri atau memang harus eksternal,” pungkasnya.


Reporter: Muhammad Choirul Anwar
Editor: Muhammad Choirul Anwar
Publisher: Yunus Zakaria