Diduga Depresi, Seorang Pria Panjat Tower 72 Meter

Butuh Waktu 4,5 Jam Turunkan Osep dari Tower 72 Meter

Diduga Depresi, Seorang Pria Panjat Tower 72 Meter

MALANGVOICE – Pemanjat tower 72 meter di Kebonagung, Pakisaji diketahui bernama Yosep Saiku alias Osep (43) warga Mendalan, Wagir Kabupaten Malang.

Ia nekat memanjat tower itu diduga lantaran depresi permasalahan keluarga.

Proses penyelamatan Osep cukup alot hingga memakan waktu 4,5 jam. Bahkan mediasi yang dilakukan petugas dari PMI Kabupaten Malang dan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu sempat kerepotan sampai mendatangkan orang tua (ibu) dan anaknya.

“Osep tetap tidak mau turun dan bertahan di ketinggian 72 meter, maka terpaksa dilakukan bujuk rayu sedemikian rupa agar mau turun. Karena kondisi mau hujan kalau tetap bertahan di atas tower sangat berbahaya,” kata salah seorang relawan PMI, Rudianto alias Gatot.

Osep, lanjut Gatot, akhirnya turun sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung diamankan petugas yang dikawal Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lokasi, Osep sudah dua kali melakukan percobaan bunuh diri. Pertama pada tahun 2005 dengan cara gantung diri, dan permasalahannya karena masalah keluarga. Saat itu istrinya minta cerai karena tidak tahan hidup berdua dengan Osep. (Der/Ulm)