Hardiknas 2018

Bupati Malang Berkomitmen Terus Membangun Pendidikan

Pelaksanaan Upacara Hardiknas di Lapangan Kanjuruhan. (Toski)
Pelaksanaan Upacara Hardiknas di Lapangan Kanjuruhan. (Toski)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, di Stadion Kanjuruhan Kepanjen.

Upacara bertajuk Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan ini dipimpin langsung Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna.

Dalam kesempatan ini, Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dimana peringatan ini dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah atau refleksi terhadap perjuangan di bidang pendidikan.

“Dalam peringatan Hardiknas tahun ini, Mendikbud mengajak kepada seluruh pihak untuk turut berkomitmen terus berikhtiar membangun pendidikan,” katanya.

Menurut Rendra, dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat menguatkan Ikhtiar yang mengamanahkan gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi oleh hati, olah rasa, olah piker dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan Pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bahan dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

“Tidak bisa tidak, pendidikan harus menjadi urusan semua pihak” jelas Rendra.

Di kesempatan ini pula, Rendra, juga memberikan penghargaan secara simbolis kepada guru dan siswa berprestasi.

Selain itu, juga memberikan penghargaan dari Kemendikbud kepada Hj. Jajuk Rendra Kresna, yang akrab disapa bunda Paud Kabupaten Malang atas kinerja dan kepeduliannya mendukung gerakan nasional Paud berkualitas dalam rangka anugerah Paud tingkat nasional Tahun 2017.(Der/Aka)