Bulan Puasa, Tiga Buah Ini Efektif Tambah Energi Tubuh

Ilustrasi Kurma (Shutterstock)
Ilustrasi Kurma (Shutterstock)
Article top ad

MALANGVOICE – Selama bulan Ramadan dianjurkan untuk tetap mendapat asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi beragam menu sehat, baik saat berbuka puasa maupun sahur.

Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga mampu menjalankan puasa dengan lancar.

Nah, dengan memperbanyak konsumsi buah, tubuh akan tetap bugar meski harus menjalankan ibadah puasa. Bila tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi sepanjang puasa, tentu masalah kesehatan seperti dehidrasi, kulit dan bibir kering, sakit kepala, sembelit, hingga kram perut akan terjadi.

Oleh sebab itu, guna menghindari persoalan tersebut MVoice merangkum beberapa buah yang baik dikonsumsi selama puasa.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan Ramadan. Sebab, buah yang berwarna kecokelatan dan manis ini memiliki kandungan kadar gula dan kalori yang berkhasiat memberikan energi pada tubuh.

Sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, vitamin B1, B2, B3, B5, dan C pada kurma juga mampu melindungi tubuh. Sehingga tidak rentan diserang penyakit dan sistem organ akan selalu terjaga.

Nah, guna mengembalikan tubuh menjadi berenergi dan bugar selama puasa Anda bisa mengonsumsi kurma sebanyak tiga buah saat berbuka.

2. Stroberi

Selain kurma, stroberi juga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi. Diperkaya kandungan vitamin C, buah ini bermanfaat membantu menjaga stamina tubuh, kesehatan kulit, mata, dan mencegah tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Konsumsi stroberi saat sahur dan berbuka puasa dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat. Karena berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah tersebut.

3. Apel

Apel diketahui mengandung Vitamin A, E, C, dan K yang ampuh menangkal radikal bebas. Kandungan mineral di dalam apel juga dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

Selain itu, apel juga merupakan salah satu makanan yang rendah kalori atau lemak. Jadi ketika Anda mengonsumsi buah tersebut bisa memberikan efek kenyang. Sehingga dapat menahan lapar seharian.(Der/Aka)