Buher Ajak Pemuda Lintas Iman Perangi Berita Hoax

Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto. (Aziz Ramadani)

MALANGVOICE – Perang terhadap informasi hoax didengungkan Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto dalam kesempatan menjadi pembicara Sarasehan Wawasan Kebangsaan dengan pemuda lintas etnis dan iman se-Kota Batu, Senin sore (21/8).

Buher sapaan akrabnya, menekankan untuk menebar berita kebenaran daripada berita meresahkan hingga menggarah penebaran kebencian.

Alumnus Akpol 2000 ini mengatakan, bergembangnya informasi dan teknologi memang tak dapat dibendung. Apalagi di negara yang menjunjung keterbukaan informasi publik. Namun, kebebasan informasi bukan berarti tidak diimbangi dengan etika dalam memanfaatkan gadget alias gawai.

BNN Kota Malang

“Memang NKRI membebaskan berpendapat. Tapi yang perlu digaris bawahi tetap mengedepankan etika,” kata Buher dihadapan sekitar 150 peserta sarasehan.

Buher menambahkan, dengan resmi dikukuhkannya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Batu, diharapkan menjadi corong untuk menebar kebenaran. Dimulai dari lingkungan terdekat, keluarga dan tempat tinggal. Dengan terciptanya hal tersebut, Kota Batu akan tetap kondusif.

“Peran media juga tidak kalah penting. Media yang baik juga harus menguatkan empat pilar kebangsaan sesuai program Nawa Cita Presiden Joko Widodo butir ke delapan,” urai mantan Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini.

Buher juga mengingatkan agar setiap pribadi harus memiliki sosok strong leader atau pemimpin yang kuat, mencerminkan yang baik, dan berprilalu yang baik. Sehingga, menurutnya, kedamaian tetap terjaga. “Apalagi pemimpin yang bisa membawa keragaman, ” pungkasnya.


Reporter: Aziz Ramadani
Editor: Deny Rahmawan
Publisher: Yuliani Eka Indriastuti