BNNP Jatim Acungi Jempol Sekolah Tes Urine Siswa Baru

Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso. (Aziz Ramadani/MVoice)
Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jatim apresiasi sekolah yang programkan tes urine untuk penerimaan siswa baru. Termasuk di Kota Batu. BNNP berharap sekolah lainnya pun ikut menerapkan program pencegahan dini alias preventif tersebut.

“Ini (tes urine) menjadi usaha preventif sekolah. Sekolah inisiatif kami tentu senang, itu berarti sekolah buat komitmen,” kata Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol Bambang Budi Santoso kepada MVoice, Jumat (13/7).

Mantan Kepala BNNP Papua ini menambahkan, sekolah diimbau untuk melakukan tes urine siswanya secara berkala. Tidak hanya berhenti di awal penerimaan siswa baru saja. Pihaknya mengapresiasi Pemkot Batu yang sejalan dengan misi BNN. Persisnya dengan adanya Perwali Nomor 18 Tahun 2016 tentang Gerakan Anti Narkoba. Salah satu implementasi dari peraturan ini adalah tes urine bagi para pelajar.

“Harapannya kan ini juga bisa jadi benteng untuk anak-anak. Sebab pelajar memang incaran para bandar narkoba,” sambung dia.

Bagi pelajar, masih kata Bambang, yang terbukti mengonsumsi narkoba. Bakal ditangani dengan cara rehabilitasi

“Bisa direhabilitasi di klinik BNN Kota Batu ini bebas biaya,” tutupnya.

“Intinya tes urine dilakukan untuk preventif (pencegahan). Jadi jangan takut untuk para orang tua siswa,” imbuhnya.(Der/Aka)