BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Hujan deras di Kabupaten Malang (Tika)
Hujan deras di Kabupaten Malang (Tika)
Article top ad

MALANGVOICE – Hujan akhirnya mengguyur wilayah Malang Raya, di awal bulan November ini, diperkirakan akan terjadi selama empat hari kedepan.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda Surabaya, Arif Krisna mengatakan, memasuki bulan November sebagian wilayah Jawa Timur sudah mulai musim peralihan.

“Cuaca umumnya berawan/hujan. Untuk wilayah Batu-Malang diperkirakan 3 hingga 4 hari kedepan akan hujan,” ungkapnya, saat dihubungi awak media, beberapa waktu lalu.

Peningkatan curah hujan ini, lanjut Arif, terjadi seiring pergantian musim dari kemarau ke hujan. Dalam peralihan musim tersebut berpeluang terjadi hujan disertai angin kencang terutama terjadi pada siang hingga sore hari.

“Arah angin umumnya dari tenggara ke selatan dengan kecepatan 05-40 km/jam. Sedang suhu udara bakal berkisar di angka 17 – 33 derajat celcius,” jelasnya.

Untuk curah hujan diawal bulan November ini, tambah Arif, untuk 3-4 hari kedepan diperkirakan bakal terjadi hujan sedang – lebat, yang terjadi rata-rata pada siang, sore atau malam. Selanjutnya hujan berangsur sedang ke ringan.

“BMKG mengimbau pada masyarakat,. supaya waspada potensi hujan lebat dengan angin kencang yang berakibat munculnya angin puting beliung,” pungkasnya. (Der/Ulm)