Blender atau Food Chopper, Mana Paling Efisien?

Blender. (Istimewa)
Article top ad

MALANGVOICE – Saat ini banyak peralatan elektronik yang bisa digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, tidak hanya penanak nasi dan microwave saja namun saat ini ada banyak peralatan berinovasi menjadi sebuah produk baru dan mengembangkan fungsi dari peralatan yang telah ada. Sebagai contohnya adalah blender yang banyak digunakan untuk menghaluskan bumbu secara instan.

Blender menghadirkan kepraktisan tinggi dimana Anda yang menggunakan blender ini tidak harus mengulek pakai cobek yang melelahkan. Saat ini juga sudah ada chopper yang mana fungsinya sama dengan blender yaitu untuk menghaluskan bumbu dan juga bahan makanan lainnya.

Lalu lebih efektif mana blender atau food chopper? Sebelum memilih ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaannya terlebih dahulu di bawah ini:

Bentuk dan Ukuran
Perbedaan pertama yang harus Anda ketahui adalah bentuk dan ukurannya. Jika dilihat secara fisik keduanya tidak terlalu berbeda, blender dan chopper ini sama-sama memiliki mata pisau. Namun yang harus diketahui di sini adalah ukuran mata pisau dari keduanya ini berbeda. Blender memiliki mata pisau yang kecil sedangkan chopper ini memiliki mata pisau yang jauh lebih besar.

Untuk ukurannya blender ini lebih besar dibandingkan dengan food chopper, wadahnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan chopper. Perbedaan ukuran ini juga terlihat dari mesinnya. Chopper ini sekilas sangat mirip dengan food processor. Bentuk dan ukuran chopper yang kecil dan juga sederhana ini jauh lebih mudah dalam disimpan dibandingkan dengan blender sangat cocok untuk Anda yang memiliki dapur minimalis.

Ada yang Membutuhkan Air dan Ada yang Tidak
Cara kerja dan penghalusan dari blender dan chopper ini berbeda. Untuk blender penghalusan membutuhkan air atau cairan agar tidak mengalami kerusakan. Sedangkan chopper ini tidak memerlukan air sehingga lebih praktis. Meski begitu ada pula beberapa tipe chopper yang penggunaannya harus menambahkan sedikit air agar motor pisaunya bisa bergerak lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur kecepatan agar motor pisau bisa bergerak sesuai dengan keinginan Anda.

Multifungsi
Blender atau food chopper memang memiliki fungsi yang sama hanya saja ada beberapa fungsi chopper yang mana tidak dimiliki oleh blender. Karena memiliki mata pisau yang besar maka tidak mengherankan jika chopper ini bisa digunakan untuk mencincang atau menghaluskan daging berbeda dengan blender yang mata pisaunya kecil dimana hanya bisa menghaluskan benda atau bahan yang lunak saja. Untuk menghaluskan daging banyak yang menggunakan food processor namun dengan menggunakan chopper ini Anda bisa mendapatkan fungsi food processor dan blender menjadi satu.

Harga
Anda yang bingung untuk memilih blender atau food chopper ada satu hal yang benar-benar penting untuk Anda perhatikan yaitu harganya. Karena chopper ini multifungsi maka tidak mengherankan jika alat satu ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan blender. Fungsi yang terbatas membuat harga blender ini murah sehingga cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Untuk blender dengan fungsi yang terbatas harganya dibanderol mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah. Sedangkan untuk chopper ini harganya mulai dari ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah. Penting bagi Anda untuk menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan Anda.

Daya
Daya listrik sangat penting untuk Anda perhatikan karena kedua alat ini merupakan perangkat elektronik yang mana untuk operasionalnya membutuhkan daya listrik. Karena multifungsi maka chopper ini memiliki daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan blender. Daya dari blender ini mulai dari 100 watt saja sedangkan untuk chopper ini dayanya mulai dari 300 watt.

Kapasitas
Untuk kapasitas blender jauh lebih besar dibandingkan dengan chopper. Chopper kapasitasnya hanya bisa menampung 1 sampai dengan 4 cangkir saja, sedangkan blender ini kapasitas bisa mencapai 2 liter tergantung dengan merek dari blender tersebut. Jika Anda sering memasak dengan jumlah besar maka blender ini bisa Anda jadikan pilihan namun jika sering memasak pribadi dengan porsi kecil dan sedang maka chopper ini pilihan yang tepat.

Setelah mengetahui perbedaan blender dan chopper di atas maka bisa ditarik kesimpulan chopper lebih efisien untuk digunakan namun tidak bisa disamaratakan untuk semua orang. Jika budget terbatas maka Anda bisa membeli blender namun jika Anda membutuhkan alat dengan fungsi lebih maka chopper ini bisa Anda jadikan pilihan.

Bagi Anda yang sedang mencari blender atau mencari food chopper terbaik Anda bisa mengakses Ruparupa. Ruparupa adalah platform e-commerce dan home living terbaik untuk mendapatkan peralatan rumah tangga lengkap dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.(der)