Gus Lukman Tutup Usia

Bisri Akui Gus Lukman Mulai Sakit Setahun Lalu

Kakak almarhum M Bisri bersama pentakziah di Ponpes Bahrul Maghfiroh. (Miski)

MALANGVOICE – Tokoh dan ulama Indonesia, KH Lukman Al Karim meninggal dunia, Jumat (8/9) dini hari. Almarhum mulai sakit sejak satu tahun lalu.

Hal tersebut diakui kakak almarhum, M Bisri. “Sejak tahun lalu mulai ketahuan sakit, tapi almarhum tetap beraktivitas seperti biasa,” katanya, beberapa menit lalu.

Sakit yang diderita pengasuh Ponpes Bahrul Maghfiroh ini baru kambuh sehabis Hari Raya Idul Fitri. Sempat sembuh dan kembali beraktivitas sebelum akhirnya jatuh sakit.

Terhitung selama 50 hari Gus Lukman menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Persada Hospital. Sejak terbaring sakit, Bisri tak sempat ngobrol banyak dengan almarhum.

“Kondisi almarhum opname. Jadi tidak dapat bicara dan ngobrol,” ungkap pria yang menjabat Rektor Universitas Brawijaya ini.

Bisri belum tahu pasti penyakit yang diderita adiknya tersebut. Namun dari diagnosa awal yakni terdapat virus di otak almarhum.

Selama ini, tambah dia, adiknya tidak pernah mau mendapatkan vaksinasi ketika beberapa kali ke Tanah Suci Mekkah.

“Tidak pernah mau disuntik vaksin meningitis. Mungkin almarhum menganggap fisiknya kuat. Gus Lukman juga tidak mau ke dokter kalau sakit,” papar dia.

Gus Lukman merupakan putra ke delapan dari 10 bersaudara. Selama ini, Gus Lukman dikenal sangat peduli terhadap pendidikan anak-anak kurang mampu. Bahkan, di pondok yang didirikannya, para santri digratiskan dari beban biaya.(Der/Yei)