BI Malang Jelaskan Keunggulan Menggunakan GPN

MALANGVOICE – Bank Indonesia baru saja launching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kepala Bank Indonesia (BI) Malang, Dudi Herawadi, mengatakan salah satu keunggulan menggunakan GPN adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan ATM.

Dengan GPN, masyarakat dapat melakukan penarikan tunai di manapun dengan jenis ATM yang berbeda. Sebagai contoh, pengguna ATM/Debit GPN BRI dapat melakukan penarikan di mesin ATM bank lainnya baik BRI, BCA atau bank lain yang sudah terintegrasi dengan GPN.

BNN Kota Malang

“Mudah melakukan tarik tunai di semua jaringan ATM, potongannya juga kecil hanya sebesar 3 ribu rupiah,” kata Dudi saat melaunching GPN di Stadion Gajayana Malang, Kamis (23/8).

Selain itu, dari segi keamanan, kartu debit GPN dilengkapi dengan teknologi chip dan pin 6 digit sehingga mampu melindungi nasabah.

“Salah satu pengaman yang digunakan itu berbasis kriptogram. Sehingga, mustahil kartu berbasis chip ini dipalsukan,” tambahnya.

Hingga saat ini ada 41 Bank baik BUMN maupun non BUMN sudah terintegrasi dengan GPN. Pihak BI berharap, bank-bank yang belum bergabung segera dapat mengambil bagian di dalamnya. “Kalau bisa secepatnya semua bank bergabung, saat ini sudah 41 bank,” tegasnya.

“Memang belum semuanya bergabung, tapi kami terus upayakan agar semuanya bisa bergabung,” tambahnya.

Sementara itu, Anggota Komisi XI DPR RI Dapil Jatim, Andreas Eddy Susetyo mengimbau kepada masyarakat unuk secepatnya mengganti kartu debit GPN.

“Transaksi menggunakan GPN ini juga menghemat devisa negara,” katanya.(Der/Aka)