Bahan Mudah dan Gampang Bikin Disinfektan Mandiri di Rumah

Ilustrasi disinfektan (shutterstock)
Ilustrasi disinfektan (shutterstock)
Article top ad

MALANGVOICE – Disinfektan dinilai bermanfaat untuk membersihkan peralatan atau benda yang ada di rumah terutama saat pandemi Covid-19.

Diketahui, virus Covid-19 dapat dengan mudah menyebar dari manusia ke manusia melalui interaksi secara langsung. Menurut studi ilmiah dari berbagai pihak menyatakan bila virus Covid-19 dapat hidup di permukaan benda maupun kulit manusia.

Oleh sebab itu, sebagai tindakan pencegahan untuk menekan laju penularan virus banyak pihak memaksimalkan fungsi dari disinfektan.

Namun, jangan khawatir sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat membuat disinfektan sendiri di rumah. Sehingga, rumah terbebas dari virus berbahaya seperti Covid-19. Berikut bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat disinfektan sendiri di rumah.

1. Pemutih Pakaian

Salah satu produk rumah tangga yang dapat digunakan sebagai disinfektan adalah pemutih pakaian (bleach). Cara kerja pemutih pakaian sebagai disinfektan hampir sama dengan alkohol. Kandungan dalam pemutih pakaian akan mengurai protein pada bakteri sehingga mematikan bakteri tersebut.

Nah, untuk membuat disinfektan dari cairan pemutih pakaian, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Siapkan berbagai alatnya seperti botol sebagai wadah disinfektan, gelas ukur, sarung tangan karet, dan masker N95.

Sementara untuk bahannya, persiapkan cairan pemutih sebanyak 30 ml yang dapat diproduksi menjadi 1 liter disinfektan serta air bersih.

Kemudian, cara membuatnya pertama masukkan cairan pemutih ke dalam botol bersih dan steril yang telah Anda persiapkan. Tambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur dengan baik.

Disinfektan Anda siap untuk digunakan. Semprotkan pada benda-benda yang sering tersentuh oleh aktivitas Anda maupun orang-orang di sekitar Anda.

2. Cuka

Cuka yang umum ditemui di dapur-dapur rumah tangga rupanya dapat dimanfaatkan menjadi disinfektan untuk menjaga kebersihan demi mencegah penyebaran virus corona.

Sebab, cuka mempunyai kandungan asam asetat sehingga mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme termasuk virus.

Untuk membuat cairan disinfektan dari cuka, pertama persiapkan alat dan bahan. Alat yang digunakan meliputi botol, sarung tangan karet, dan masker.

Kemudian juga persiapkan bahan lain seperti setengah cangkir gelas cuka, air bersih, dan beberapa minyak esensial seperti kayu putih dan lain sebagainya.

Cara membuatnya yakni pertama cuci tangan dan botol sebagai wadah hingga bersih. Lalu masukkan setengah cangkir gelas cuka ke dalam botol, air secukupnya, dan minyak esensial. Kocok hingga tercampur rata. Cairan disinfektan siap digunakan.

3. Cairan Pembersih Karbol

Cairan pembersih karbol ini memiliki senyawa yang dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri. Bahan ini dapat dijumpai pada cairan pembersih lantai yang sering Anda gunakan.

Bahan ini dapat dengan mudah ditemui dan dijual dengan harga yang terjangkau. Oleh sebab itu, Anda dapat membuat cairan disinfektan dari bahan ini.

Nah, untuk membuat cairan disinfektan ini, pastikan jarak Anda dengan tempat Anda membuat cairan disinfektan ini tidak terlalu dekat.

Langkah pertama persiapkan alat dan bahan seperti cairan pembersih karbol, air, botol, masker, dan sarung tangan. Gunakan masker dan sarung tangan terlebih dahulu sebelum mencampurkan bahan-bahan tersebut.

Setelah itu, tuangkan dua tutup botol cairan pembersih lantai ke dalam botol atau wadah yang akan Anda gunakan untuk menyemprotkan cairan disinfektan tersebut.

Lalu tambahkan dengan satu tutup botol air bersih. Kocok hingga tercampur dengan benar. Cairan disinfektan telah siap.(Der/Aka)