05 February 2023
05 February 2023
28.7 C
Malang
ad space

Angkat Gerakan Wanita Berwirausaha, Rini Dinobatkan Jadi Puteri Smart Jatim

MALANGVOICE – Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Filkom UB) menorehkan prestasi di
tingkat Jawa Timur.

Ialah Yusrini Meidita Audrey mahasiswa angkatan 2014, dinobatkan sebagai Puteri Smart dalam ajang pemilihan Puteri Kampus Jawa Timur 2017 yang diselenggarakan di Untag Surabaya (10/12).

Ajang ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI) Jawa Timur dengan target peserta mahasiswi dari berbagai kampus yang ada di Jawa Timur.

Perempuan yang akrab disapa Rini ini bercerita, sebelum terpilih sebagai penyandang gelar Puteri Smart, dirinya harus melewati beberapa tahapan seleksi.

“Saat tahap awal saya bersaing dengan ratusan peserta lainnya dalam seleksi interview di Surabaya,” tukasnya.

Dari seleksi tersebut Rini terpilih dalam jajaran 20 besar finalis. Tahapan selanjutnya, para finalis harus menjalani karantina selama tiga hari. Pada tahap karantina tersebut selain dibekali berbagai materi, 20 finalis harus melewati beberapa tahapan tes antara lain presentasi tentang social project yang telah dilakukan dan juga kegiatan entrepreneur yang digeluti. Selain itu ada juga sesi leaderless group discussion (LGD) dan deep interview.hf

Tidak berhenti disitu, tahapan seleksi masih terus berlanjut hinggamalam grand final. Pada bagian ini dewan juri melakukan pemilihan finalis 10 besar, dilanjutkan seleksi pemilihan finalis 4 besar. Rini berhasil lolos dalam berbagai tahapan seleksi tersebut. Para finalis empat besar kemudian harus mengikuti sesi tanya jawab dengan para dewan juri.

“Juri yang hadir terdiri dari rektor, professor dan ada juga anggota DPR RI Arzeti Bilbina. Alhamdullilah, akhirnya saya bisa mendapatkan juara 2 Puteri Kampus Jawa Timur kategori Puteri Smart,” ungkap Rini.

Dengan terpilihnya sebagai salah satu juara, maka Rini memiliki masa jabatan selama satu tahun sebagai salah satu Puteri Kampus Jawa Timur. Dirinya harus menjalankan program kerja yang telah dibuatnya yaitu start up ‘Gerakan Wanita Berwirausaha’. Tidak hanya tanggung jawab saja yang didapat, para Juara Puteri Kampus Jawa Timur 2017 juga berhak atas beberapa hadiah berupa uang tunai, produk sponsor serta
paket umroh.

Rini mengaku senang bisa memiliki pengalaman berharga tersebut. Bertemu dengan banyak peserta yang memiliki latar belakang luar biasa membuatnya terpicu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Alhamdullilah, senang sekali karena pada awalnya tidak pernah menyangka bisa sampai sejauh ini. Mengingat semua finalis yang lain berasal dari background yang hebat-hebat juga. Mungkin kedepannya saya harus lebih baik lagi untuk menjalankan tugas saya sebagai mahasiswa dan juga Puteri Kampus Jatim,” pungkasnya.(Der/Yei)

Berita Terkini

Arikel Terkait