Anak Tidur Ngorok, 4 Hal Ini Jadi Penyebabnya

anak ngorok mempengaruhi pertumbuhan fisik dan emosional. (Shutterstock)
anak ngorok mempengaruhi pertumbuhan fisik dan emosional. (Shutterstock)

MALANGVOICE – Profesional medis di London mengungkapkan, gangguan tidur seperti mendengkur juga dapat memengaruhi pertumbuhan dan emosional seorang anak, dan juga perkembangan fisik mereka.

Berikut penyebab seorang anak tidur mendengkur seperti dikutip dari situs Boldsky, Jumat (11/5):

1. Hidung yang bengkak

BNN Kota Malang

Anak dengan hidung yang bengkak mengalami kesulitan dalam bernapas. Hal ini dapat terjadi ketika anak memiliki alergi. Gejala-gejalanya adalah anak bernapas melalui mulut.

2. Obesitas

Obesitas juga berhubungan erat dengan kondisi seperti ini. Terlebih jika terjadi peningkatan lemak di sekitar leher. Penelitian baru menemukan, obesitas memengaruhi lajut mendengkur seorang anak. Anak obesitas merupakan masalah kesehatan yang serius saat ini.

3. Gangguan pernapasan

Mendengkur pada anak juga dapat disebabkan oleh beberapa gangguan pernapasan. Anak-anak dengan asma pasti akan mendengkur. Bisa juga anak yang sering mendengkur karena dia memiliki alergi, asma, infeksi tenggorokan atau telinga. Konsultasikan dengan dokter untuk perawatan yang lebih baik.

4. Kongesti sengat

Ini adalah salah satu penyebab mendengkur pada anak. Hidung yang tersumbat dapat disebabkan oleh alergi, sinusitis kronis, atau infeksi virus. Anak-anak dengan masalah ini mencoba bernapas melalui hidung.

5. Amandel yang membesar

Amandel yang membesar menyebabkan anak kesulitan dalam bernapas. Orangtua harus berhati-hati ketika anak Anda memiliki amandel dan kesulitan bernapasan.(Der/Aka)