Jalur Alternatif Siap Sambut Libur Akhir Tahun

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso dan Kajari Kota Batu Nur Chusniah meninjau proyek peningkatan ruas Jalan Wukir Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kamis (16/11). (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Bagi Anda yang merencanakan berlibur akhir tahun di Kota Batu kini tak perlu khawatir soal macet. Sebab, Pemkot Batu merampungkan peningkatan ruas jalan alternatif.

Yakni jalur alternatif Jalan Wukir Temas – Jalan M. Hatta Pendem. Ada tiga titik jalan yang tingkatkan kondisinya, di antaranya ruas Beji-Torongrejo, Torongrejo-Mojorejo dan Jalan Wukir Torongrejo. Total 3,5 kilometer panjang jalan yang ditingkatkan dengan lebar rata-rata 6 meter.

“Jalan ini sebagai jalur mengurai kemacetan dari pintu masuk Batu Jalan Diponegoro (Lippo Plaza Batu),” kata Kabid Bina Marga DinasPengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu Alfi Nurhidayat, Kamis (16/11).

Jalur sepanjang kurang lebih 6 kilometer ini jadi solusi utama yang disiapkan Pemkot. Terlebih dalam sehari bisa jumlah kendaraan yang melintas mencapai 5.000 kendaraan saat long weekend.

“Jalur ini mengoptimalkan jalan desa yang sudah ada,” urainya.

Alfi menambahkan, anggaran yang digunakan sejumlah Rp 6 miliar. Yakni diambil dari total DAK (dana alokasi khusus) Rp 13 miliar. Panjang tiga titik peningkatan jalan sekitar 3,5 kilometer. Untuk penerangan jalan umum (PJU) segera mungkin disinkron.

“Untuk selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Dishub dan Polres mengenai jalur alternatif ini agar dimanfaatkan pengendara,” tukasnya.(Der/Yei)