FIP UM Gelar Seminar Nasional, Soroti Pentingnya Pendidikan Karakter untuk Indonesia Emas 2045

Seminar nasional FIP UM. (Istimewa)

MALANGVOICE- Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) menggelar seminar nasional bertajuk “Membangun Karakter Generasi Unggul Untuk Indonesia Emas 2045”.

Acara yang dihadiri ratusan peserta baik secara daring maupun luring ini menyoroti pentingnya pendidikan karakter dalam mencetak generasi emas Indonesia.

Para pembicara yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Rini Handayani, M.Pd, Dr. Umi Dayati, M.Pd, dan Ursula Rebecca, COO & Trainer Montessori dari Sunshine Teachers’ Training, dihadirkan untuk memberikan pandangan mendalam tentang bagaimana membangun karakter anak sejak dini.

Baca Juga: Gudang Es Krim di Blimbing Dibobol Maling, Uang Ratusan Juta Amblas

BLES Bantu Renovasi Sekolah dan Bangun Rumah Warga di Kabupaten Malang

Seminar nasional FIP UM. (Istimewa)

Menyeimbangkan Ego dan Jiwa, Mencari Panutan, dan Penerapan Metode Montessori dalam Pembentukan Karakter
Dr. Rini Handayani menekankan pentingnya keseimbangan antara ego dan jiwa dalam membentuk karakter yang kuat. Sementara itu, Dr. Umi Dayati menyoroti peran penting figur panutan dalam membentuk karakter manusia.
Sebagai puncak acara, Ursula Rebecca memaparkan bagaimana metode Montessori berkontribusi dalam pembentukan karakter anak sejak dini.

“Pendidikan karakter secara intrinsik telah terintegrasi dalam setiap filosofi, prinsip, dan kegiatan-kegiatan Montessori. Pendidikan karakter dalam Montessori memberikan ruang bagi anak untuk bereksplorasi secara aktif, mencapai potensi maksimumnya, dan membentuk karakter-karakter unggul dalam dirinya,” ujar Ursula.

Baca Juga: Kota Malang Peringkat Pertama Raih Penghargaan di Ajang e-Purchasing Award Jatim 2024

UMKM Indonesia Go Export 2024, Dukungan BCA Agar Produk Lokal Tembus Pasar Internasional

Fokus pada Pendidikan Karakter
Seminar ini menjadi bukti komitmen FIP UM dalam mendorong penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Dengan mengundang pembicara yang ahli di bidangnya, FIP UM berharap dapat menginspirasi para pendidik, orang tua, dan masyarakat luas untuk lebih memperhatikan pengembangan karakter anak.

Sunshine Teachers’ Training Dukung Pengembangan Karakter
Sunshine Teachers’ Training, sebagai lembaga pelatihan Montessori, menyambut baik kesempatan untuk berpartisipasi dalam seminar ini.

“Kami percaya bahwa pendidikan karakter adalah fondasi penting bagi masa depan anak-anak kita,” ungkap Ursula.

Indonesia Emas 2045
Seminar ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, yaitu membangun bangsa yang berdaya saing tinggi dengan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter. Dengan menguatkan pendidikan karakter sejak dini, diharapkan Indonesia dapat melahirkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa.(der)