Optimalkan Serapan Anggaran agar Daya Beli Masyarakat Meningkat

Seluruh kepala daerah se Indonesia berkumpul di Ibu Kota Nusantara (IKN) mengikuti rakor bersama Presiden RI, Joko Widodo. (MVoice/Pemkot Batu).

MALANGVOICE– Pemkot Batu menaruh perhatian penuh untuk mengoptimalkan serapan anggaran APBD 2024. Langkah itu sebagai bentuk komitmen merealisasikan arahan Presiden RI, Joko Widodo. Hal tersebut disampaikan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai saat rakor diikuti 517 kepala daerah se Indonesia terdiri dari gubernur, bupati/wali kota yang digelar di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Aries Agung Paewai menuturkan, Presiden RI, Jokowi mengingatkan pentingnya penyerapan anggaran APBD baik di pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Penyerapan APBD yang maksimal, diharapkan menjadi kekuatan daya beli masyarakat yang semakin baik.

Ia menjelaskan pentingnya optimalisasi serapan anggaran. Semakin besar anggaran yang terserap maka program-program yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat bisa berjalan efektif. Sehingga turut mendongkrak daya beli masyarakat dan mempercepat laju roda perekonomian.

“Kami mendukung arahan Bapak Presiden agar daerah mempercepat lagi untuk penyerapan belanja daerah. Melalui percepatan pelaksanaan seluruh program tentu akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” terangnya.

Baca juga:
DPS Pilkada Kota Batu Berkurang 898 Pemilih

Sabet 10 Medali, Cabor Gulat Kota Batu Masuk Enam Besar Tingkat Jatim

Pj Wali Kota Batu Tekankan Arah Pembangunan Berorientasi pada Pelestarian Lingkungan

Di sisi lain, Aries mengaku takjub dengan pembangunan IKN sebagai karya anak bangsa yang sangat megah. Dirinya pun sangat bangga berada di IKN karena bisa melihat langsung wujud nyata pembangunan hasil karya anak bangsa.

“IKN luar biasa, karya anak bangsa yang terbukti sudah diwujudkan oleh Presiden Joko Widodo, walaupun belum sepenuhnya tuntas namun terlihat bahwa karya anak bangsa tidak kalah dengan karya dari luar. Ini membuktikan bahwa bangsa indoensia adalah bangsa yang besar dan maju. Membangun peradaban bangsa Indonesia yang diperlihatkan di IKN ini,” papar dia.(der)