Visi Misi Cakada Tak Boleh Meleset dari Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyerahkan rancangan teknokratik RPJMD Kota Batu 2025-2029 kepada Ketua KPU Batu, Heru Joko Purwanto. (MVoice/Pemkot Batu).

MALANGVOICE– Rancangan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Batu tahun 2025-2029 jadi acuan memperkuat fondasi transformasi Kota Batu menuju visi ‘MBATU’. ‘MBATU’ merupakan suatu akronim yang berarti madani, berkelanjutan, agro-kreatif, tenteram, dan unggul.

Dokumen rencana pembangunan jangka menengah itu juga sebagai pijakan bagi calon kepala yang bakal bertarung pada Pilkada 2024. Visi misi yang disusun oleh para kandidat tak boleh melenceng dari arah yang sudah dituangkan dalam RPJMD 2025-2029. Karena itu, Pemkot Batu menyerahkan dokumen tersebut kepada KPU Batu.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menjelaskan, rancangan teknokratik RPJMD merupakan kerangka transformasi menata masa depan Kota Batu. Dokumen rancangan teknokratik ini harus diserahkan paling lambat akhir Juli.

“Kami menyerahkan secara langsung dokumen yang telah disusun kepada KPU Kota Batu untuk memperkuat fondasi transformasi menuju visi MBATU,” ujar Aries.

Baca juga:
MABAR Pecinta Honda PCX160 Blitar, Pererat Tali Silaturahmi Antar Bikers

Polresta Malang Kota Tegas Melarang Aktivitas Sound Horeg, Melanggar Ditindak Tegas

Bawa Pesan Tersirat, Heli Suyanto ‘Mlaku Bareng’ Cak Nur

Rumuskan Program Strategis untuk ‘Diwariskan’ kepada Kepala Daerah Terpilih

Pj Aries menekankan pentingnya memperkuat fondasi Kota Batu serta mengajak seluruh pihak untuk melihat momen ini lebih dari sekadar data dan angka. Tetapi sebagai masa depan yang lebih baik untuk membangun Kota Batu secara berkelanjutan demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kota Batu.

“Kami berharap dokumen ini bukan sekedar data dan angka, tetapi menjadi acuan untuk merancang visi dan misi bagi Pemimpin Kota Batu mendatang, serta memberikan gambaran arah pembangunan Kota Batu ke depan sesuai dengan keinginan masyarakat Kota Batu. Pembangunan Kota Batu akan terus berkelanjutan demi kemakmuran masyarakat secara keseluruhan. Ekonomi harus berjalan, kemiskinan harus turun, dan angka pengangguran juga harus turun,” lanjutnya.

Dalam Rancangan Teknokratik RPJMD Kota Batu Tahun 2025-2029 fokus pada pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, penguatan ekonomi, percepatan pertumbuhan inklusif yang berfokus pada pengurangan kemiskinan, peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta penyediaan layanan publik yang berkualitas. Selain itu, dokumen ini juga menggarisbawahi penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, transparan, akuntabel, inovatif, dan kolaboratif.

Dengan diserahkannya Rancangan Teknokratik RPJMD Kota Batu Tahun 2025-2029, Pj Aries berharap Kota Batu dapat terus maju dan berkembang, menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi seluruh warganya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto, menyampaikan, rancangan ini akan dijadikan dasar bagi visi dan misi pembangunan oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota baru setelah pemilihan kepala daerah 14 November 2024 mendatang. Mengingat pentingnya pembangunan yang berkesinambungan, terlepas dari siapa yang akan menjadi pemimpin berikutnya.

Ia juga berharap, dukungan dari pemerintah dalam setiap tahapan Pilkada 2024. Salah satunya adalah Kirab Maskot Pilkada yang akan diselenggarakan pada 30 Agustus 2024 di Kawasan Paralayang Gunung Banyak Kota Batu.

“KPU tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari Pemerintah Kota Batu dan berbagai elemen masyarakat di Kota Batu. Kami berupaya keras dengan berbagai metode untuk mempertahankan minimal tingkat kepesertaan pemilu sama dengan pilkada sebelumnya,” pungkas Heru.(der)

1 COMMENT

Comments are closed.