Jalur Gondanglegi-Balekambang Bertatus Jalan Nasional, Ini Harapan Bupati Malang

Kondisi jalan Gondanglegi yang naik status menjadi jalan Nasional. (Mvoice/Toski D).

MALANGVOICE – Jalan raya mulai Gondanglegi sampai Pantai Wisata Balekambang pada tahun 2022 ini meningkat status menjadi jalan nasional.

Bupati Malang HM Sanusi meynampaikan peningkatan status tersebut menyusul permintaan Pemkab Malang kepada Kementerian PUPR.

“Permintaan kita (Pemerintah Kabupaten Malang) ke pak menteri untuk meningkatkan status Jalan Gondanglegi-Balekambang menjadi jalan nasional, dikabulkan,” ucap Bupati Malang HM Sanusi saat sambutan dalam acara Satu tahun Makang Makmur di Pendopo Agung, Jalan Agus Salim No.3, Kota Malang, Ahad (27/2).

Sanusi berharap, dengan meningkatnya status jalan tersebut, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Malang Selatan.

“Semoga bisa membuat kualitas jalan semakin baik dan mempermudah akses pariwisata,” harapnya.

Dampak positif berikutnya, lanjut Sanusi, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, lantaran jalan tersebut selain menghubungkan langsung jantung Kabupaten Malang yaitu Kepanjen dengan Jalur Lintas Selatan (JLS), juga menyambungkan tiga daerah, yakni Kabupaten Lumajang-Malang-Blitar.

“Dengan meningkatnya status jalan itu jelas akan membuat masyarakat lebih nyaman dalam menggunakan jalan dan lebih bermanfaat. Kemudian dengan JLS menuju Blitar-Lumajang itu bisa nyambung,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, untuk mendukung peningkatan status jalan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga tengah melakukan persiapan.

“Kami lakukan berbagai persiapan penguatan infrastruktur jalan di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sumberpucung, Donomulyo dan Kalipare,” katanya.

Persiapan tersebut, lanjut Romdhoni, selain untuk peningkatan status jalan Gondanglegi-pantai Balekambang, juga untuk penguatan rencana tol Kepanjen-Tulungagung yang berada di lingkar koridor Barat.

“Karena itu juga panjang, kemampuan daerah terbatas, Pemkab Malang sementara melakukan di titik-titik ekstrem dulu, menuju satu kondisi yang ideal,” ujarnya.

Saat ini teman-teman tengah mempersiapkan izin pelebaran tebing di Rajekwesi (Kalipare) yang paling ekstrem, agar kapasitas jalan sumberpucung ke donomulyo, bisa ada peningkatan kapasitas,” lanjutnya.

Dengan begitu, tambah Romdhoni, akses jalan dari Gondanglegi menuju Pantai Balekambang juga akan dipermak, yang melibatkan kementerian terkait dalam hal itu Kementerian PUPR.

“Jaringan itu sangat strategis, perlu koneksi JLS ke Malang yang lewat Gondanglegi. Karena angkanya besar, dan memiliki nilai strategis, maka kementerian yang akan menanganinya,” pungkasnya.(end)