Lima Tempat Wisata Kabupaten Malang Bakal Uji Coba Dibuka

Pantai Balekambang Kabupaten Malang. (Deny/MVoice)

MALANGVOICE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang bakal melakukan uji coba membuka bagi tempat wisata di Kabupaten Malang.

“Kita kan (Pemkab Malang) sudah level 3 PPKM dan nanti tempat wisata akan coba dibuka perlahan-lahan,” ucap Wakil Bupati Malang, H Didik Gatot Subroto, Ahad (12/9).

Menurut Didik, uji coba dibukanya tempat wisata tersebut akan dilakukan untuk beberapa saja, yang dilihat dari kesiapan Satgas Covid-19 di tempat wisata berada.

“Yang buka itu tempat wisata yang terawasi dengan benar salah satunya nanti mungkin yang di dekat perkampungan yang satgasnya susah siap,” jelasnya.

Didik menjelaskan, tempat-tempat wisata yang dilakukan uji coba buka tersebut nantinya musti mempunyai sinyal internet yang kuat.

“Sinyal internet harus bagus, itu untuk applikasi ‘Peduli Lindungi’ kan harapannya nanti wisatawan musti sudah tervaksin. Nah di applikasi itu kan butuh internet untuk mengeceknya. Makannya kami pilih yang sinyal internetnya kuat,” terangnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan, saat ini ada lima tempat yang diproyeksikan akan dilakukan uji coba untuk buka.

“Sementara hanya lima, yakni Lembah Indah di Kecamatan Ngajum, Wisata Flower Santera di Pujon, terus Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Sanankerto Boonpring dan Pantai Balekambang,” kata Made.

Dipilihnya lima tempat wisata tersebut, lanjut Made, dikarenakan telah memiliki sinyal internetnya cukup kuat. Namun, sebelum dilakukan uji coba, Disparbud Kabupaten Malang akan melakukan survei terlebih dahulu.

“Internet itu untuk menggunakan applikasi Peduli Lindungi. Kami survei dulu. Nanti kami video dan kami laporkan ke Kemenparekraf dan Menko Marves. Ini loh Kabupaten siap begini. Minggu depan kami akan survei langsung ke lapangan,” terangnya.

Di sisi lain, Direktur Administrasi Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa, Husnul Hakim Syadad menanggapi dengan gembira. Pasalnya, PD Jasa Yasa yang mengelola Pantai Balekambang itu telah disiapkan untuk dilakukan pembukaan uji coba.

“Alhamdulillah, ini yang ditunggu-tunggu. Kalau perkara sinyal kami siap. Di sana (Pantai Balekambang) sudah terbukti sinyal internetnya kuat gak ada masalah,” kata dia.

Husnul juga mengatakan, Pantai Balekambang telah memiliki Satgas Covid-19. Sebelum ditutup sejak PPKM Darurat hingga Level 4 kemarin, Satgas Covid-19 di Pantai Balekambang telah terbentuk.

“Jadi ya kami untuk Sumber Daya Manusia (SDM) sudah siap. Kami untuk menerapkan protokol kesehatan sudah ketat,” pungkasnya.(der)