Mengenal Tea Tree Oil untuk Atasi Permasalahan Kulit

Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGVOICE – Penggunaan tea tree oil dalam produk kecantikan akhir-akhir semakin banyak ditemui. Memang, tea tree oil dikenal mampu tuntaskan berbagai macam persoalan kulit.

Dilansir dari berbagai sumber, Tea trea oil atau minyak pohon teh, dikenal juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Berikut manfaat tea tree oil untuk kulit.

1. Obati Jerawat

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat. Bedanya, pada kandungan minyak pohoh teh, tidak ditemukan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, bahkan mengelupas ketika digunakan.

2. Deodoran

Anda dapat menggunakan tea tree oil untuk mengatasi masalah aroma tubuh. Kandungan antimikroba tea tree oil, dapat menghancurkan bakteri pada kulit yang menyebabkan bau badan.

Cara membuatnya juga tergolong mudah, yakni hanya tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda. Campurkan ketiga bahan tersebut, gunakan sebelum tidur, dengan mengoleskan ke bagian tubuh yang mengeluarkan bau tidak sedap, contohnya di ketiak atau kaki.

3. Obati Ketombe

Tea tree oil terbukti bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh punya kemampuan untuk menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, menghilangkan ketombe, dan bahkan untuk merawat rambut agar terhindar dari kutu.

4. Redakan Gatal

Dengan sifat antiinflamasi pada kandungan minyak pohon teh, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit.

Caranya yakni campurkan satu sendok makan minyak kelapa, lima tetes minyak pohon teh, dan dua tetes ekstrak lavender, buat teksturnya seperti cairan lotion kulit. Anda bisa menggunakan sebagai sabun mandi dan krim gatal yang bisa dibawa berpergian. (Der/Ulm)