Server Ngadat, UNBK Kota Batu Molor 30 Menit

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso sidak pelaksana UNBK di SMPN 2 Kota Batu, Senin (23/4). (Aziz / MVoice)

MALANGVOICE – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP di Kota Batu, hari pertama, Senin (23/4) berlangsung molor. Ini akibat terkendala server yang ngadat alias bermasalah.

Salah satu sekolah yang terdampak itu SMPN 2 Batu. Baru sekitar pukul 08.30 WIB, server kembali normal. Ini mengakibatkan kemoloran 30 menit dari jadwal.

“Iya ada maintenance dari server pusat di kementerian,” kata Barokah Santoso Kepala Sekolah SMPN 2 Batu ditemui MVoice.

Pria akrab disapa Oka ini melanjutkan, dari tiga ruang UNBK yang disediakan, hanya satu ruang server yang bermasalah. Sehingga tidak mengganggu total jalannya UNBK.

“Jadi tidak masalah,” tutupnya.

Peserta UNBK SMPN 2 Batu berdoa sebelum mengerjakan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim UPT Kemendikbud Bambang Agus Susetyo mengatakan, molornya UNBK dari jadwal terjadi akibat trouble pada jaringan. Ini pun terjadi tidak di Kota Batu saja, melainkan seluruh Indonesia.

“Laporannya akibat banyaknya penggunaan server jadi perangkat sempat terganggu. Tapi sudah tidak masalah sekarang,” ujar Bambang.

Terlepas dari gangguan tersebut, Ia berharap hasil terbaik UNBK Kota Batu. Sebab, tahun lalu saja, tercatat dengan nilai terbaik dalam LPMP Jatim.

“Harapannya hasil luar biasa tatap tercapai. Kota Batu ini peringatnya teratas,” tutupnya. (Der/Ery)