5 Makanan Ini Enak, Tapi Jangan Dikonsumsi Malam Hari

Makan malam hari bikin gemuk, apalagi kalau makan makanan ini. (The Caraousel)
Makan malam hari bikin gemuk, apalagi kalau makan makanan ini. (The Caraousel)
Article top ad

MALANGVOICE – Ada jenis makanan tertentu yang sangat lezat tapi sayangnya akan kurang baik apabila dikonsumsi sebelum tidur malam hari. Selain bikin gemuk, makanan ini akan menganggu sistem pencernaan bahkan sakit perut. Berikut 5 makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat malam, dirangkum MVoice dari Womanitely.com, Rabu (15/10).

1. Pizza dan Burger

Makan pizza dan burger malam hari sambil nonton TV sih memang nikmat. Tapi kadar kalori makanan ini sangat tinggi. Ditambah lagi tomat atau saus sambalnya juga bisa membuat sakit perut kalau tak tercerna dengan baik. Selain itu, daging burger butuh waktu pencernaan cukup lama.

2. Sereal Manis

Sereal manis atau yang mengandung banyak gula bisa mengganggu kualitas tidur kita jika dikonsumsi menjelang tidur. Kalaupun mau mengonsumsi sereal, pilihlah yang rendah gula dan kaya serat, dengan porsi cukup.

3. Makanan Pedas

Makan lalapan bersambal super pedas atau menikmati semangkuk mie ayam dengan cabai rawit segar di malam hari memang nikmat. Tapi, makanan pedas menyebabkan heartburn dan sakit perut.

4. Jus Jeruk

Jeruk sangat asam dan bisa menyebabkan sakit perut jika kamu punya perut yang super sensitif. Kalau ingin mengonsumsi buah mendekati jam tidur malam, apel adalah pilihan yang paling aman. Buah apel kaya akan serat dan bisa membantumu tidur lebih nyenyak.

5. Yogurt Buah

Yogurt memang tergolong minuman yang sehat bila dibandingkan es krim. Tapi hati-hati dengan kandungan gulanya. Sebaiknya hindari konsumsi yogurt buah atau yang terlalu manis sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang terbaik.

Intinya hindari konsumsi makanan yang berat sebelum tidur. Kalau merasa lapar sementara sebentar lagi kamu akan tidur, coba atasi dulu dengan minum segelas air putih. Biasanya rasa lapar yang kamu rasa di malam hari itu sebenarnya hanyalah rasa haus.(Der/Aka)