4 Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Seorang wanita menggunakan jas hujan (Pixbay).

MALANGVOICE – Tubuh yang lemah saat musim hujan biasanya rentan terserang penyakit seperti, demam, flu, batuk, masuk angin dan penyakit lainnya.

Hal tersebut disebabkan pada saat musim hujan, mikroba lebih mudah untuk berkembang biak, dan menginfeksi tubuh manusia.

Agar terhindar dari penyakit saat musim hujan dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa, anda perlu memperhatikan kondisi kesehatan tubuh.

Berikut empat tips dari yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan di musim penghujan.

1. Tidur yang Cukup
Tidur selama enam sampai delapan jam secara teratur setiap hari perlu anda lakukan. Sebab, dikutip dari My Heart Finder, tidur yang cukup dapat mencegah tubuh jatuh sakit.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Vitamin
Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus diperhatikan saat musim hujan agar tubuh tetap terjaga dari dalam.

Selain itu, mengonsumsi vitamin juga perlu diperhatikan. Salah satu vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan adalah vitamin C. Karena vitamin C mampu mendorong pertumbuhan sel darah putih yang menjadi faktor penting meningkatkan daya imun tubuh seseorang.

Vitamin C bahkan menjadi nutrisi penting yang dapat bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh dan menstimulasi pembentukan antibodi dengan baik.

3. Sempatkan diri Berolahraga
Aktivitas yang padat atau pekerjaan biasanya membuat anda kesulitan untuk meluangkan waktu berolahraga. Olahraga ringan yang teratur baik untuk sistem kekebalan dan kesehatan tubuh.

Sebab, olahraga dapat mengedarkan sel darah putih ke seluruh tubuh. Sel darah putih adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh dan menjadi garis terdepan ketika tubuh terinfeksi kuman.

Oleh karena itu, sebisa mungkin anda perlu meluangkan waktu untuk olahraga ringan dan teratur.

4. Jaga Kebersihan
Saat musim hujan kebanyakan orang akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, namun perlu diketahui bahwa kuman mungkin tersebar. Artinya Anda perlu memastikan lingkungan tetap bersih, sehat, dan tersanitasi dengan baik.(end)

7 Keuntungan Konsumsi Pepaya Setengah Matang

Pepaya, (Pixabay).

MALANGVOICE – Setiap orang pastinya mengetahui buah pepaya memang cukup mudah untuk mendapatkannya.

Mengkonsumsi pepaya setengah matang itu sendiri sebenarnya bisa memberikan beragam manfaat kesehatan yang jarang diketahui.

Tentu manfaat itu bisa didapat jika mengkonsumsi seperempat buah pepaya setengah matang rutin selama 30 hari.

Langsung saja, berikut keuntungan mengkonsumsi pepaya setengah matang dilansir dari berbagai sumber.

1.Terhindar dari masalah susah BAB

Dengan anda rutin mengkonsumsi Pepaya setengah matang akan membantu mengatasi permasalahan susah Buang Air Besar (BAB).

Hal itu dikarenakan, pepaya banyak mengandung enzim Papain dan enzim Chymopapain.

Dimana kedua enzim itu menurut Journal of Medicinal Plants Studies bisa melunakkan tekstur Fases yang keras menjadi lunak.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Pepaya setengah matang ini juga membantu anda untuk menurunkan berat badan karena dengan saluran pencernaan lancar maka metabolisme tubuh akan meningkat.

Proses metabolisme tubuh sendiri adalah proses kecepatan tubuh dalam mencerna, menyerap dan mengasimilasi makanan untuk diubah menjadi energi.

Dengan kata lain makanan yang dikonsumsi tubuh lebih cepat dikonversi menjadi energi, bukan hanya disimpan menjadi lemak saja. Tentu Konsumsi pepaya harus diimbangi dengan pola makan yang teratur.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Berdasarkan penelitian IOSR atau Journal of Pharmacy and Biological Sciences, kandungan kalsium dari pepaya setengah matang lebih tinggi dibandingkan pepaya matang.

Kandungan kalsium tersebut memiliki peranan penting untuk pembentukan struktur gigi dan tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi pepaya setengah matang dapat membantu anda yang memiliki masalah gigi dan tulang baik itu karena patah tulang maupun penyakit osteoporosis.

4. Menjauhkan dari Kanker

Pepaya setengah matang juga memiliki kandungan Antioksidan 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan pepaya matang.

Dimana kandungan senyawa anti-oksidan dalam pepaya adalah Flavonoid, Tanin, dan Saponin. Senyawa tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif salah satunya kanker.

5.Tubuh Jadi Lebih Sehat dan Segar

Dilansir dari Menindia.Net, dalam buah pepaya setengah matang mengandung senyawa antioksidan Polifenol yang bermanfaat sebagai anti-agin atau anti-penuaan.

Selain itu, senyawa Polifenol dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh. Sehingga sel-sel tubuh yang rusak akan diperbaiki dan hasilnya membuat tubuh menjadi lebih segar, semangat dan berstamina.

6. Tingkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Bagi Ibu Menyusui yang membutuhkan produksi ASI melimpah juga dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya setengah matang.

Berdasarkan informasi dari situs NETMEDS.com, pepaya setengah matang bersifat Laktogenik. Artinya pepaya setengah matang dapat merangsang Hormon Laktogen atau hormon-hormon yang memproduksi ASI.

7. Meningkatkan Imun Tubuh

Melansir dari situs National Library of Medicine, kandungan Nutrisi yang ada pada pepaya setengah matang salah satunya adalah enzim Protease. Sebagai informasi, enzim Protease memiliki peranan penting dalam tubuh, salah satunya adalah untuk mengatur kekebalan tubuh dari serangan virus.(der)

Kenali Gejala Varian Omicron dan 5 Cara Pencegahannya

Ilustrasi virus
Ilustrasi virus

MALANGVOICE – Varian baru Covid-19 jenis Omicron mulai menyebar di Indonesa termasuk Jawa Timur. Varian ini membuat masyarakat harus tetap waspada.

Diketahui sebagian besar gejala varian Omicron ini ringan, dan masih banyak perdebatan dan ketidakpastian mengenai gejalanya. Namun, beberapa orang yang mengalami gejala terinfeksi Covid-19 varian Omicron cukup mengganggu aktivitas, sehingga gejalanya pun perlu diwaspadai agar penularan bisa dicegah.

Dilansir dari Suara.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebutkan gejala-gejala terinfeksi Covid-19 varian Omicron, antara lain:

1. Demam atau kedinginan
2. Batuk
3. Sesak napas atau kesulitan bernapas
4. Kelelahan
5. Nyeri otot dan tubuh
6. Sakit kepala
7. Hilangnya indra penciuman dan perasa
8. Sakit tenggorokan
9. Hidung tersumbat atau pilek
10. Mual atau muntah
11. Diare

Walaupun gejala yang ditimbulkan mungkin tidak parah, namun dapat mengganggu sistem kesehatan yang tidak sepenuhnya siap.

Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Derktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat meminta kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai penyebaran varian Omicron tersebut.

Dilansir dari laman Promkes.Kemkes. go.id, untuk bisa keluar atau terhindar dari Covid-19 varian Omicron, vaksinasi saja tidak, jika tidak dibarengi dengan pengetatan protokol kesehatan

Hal itu disampaikan oleh Dr. Tedros Adhanom selaku Direktur Jenderal WHO (World Health Organization), dimana untuk bisa membuat sebuah negara keluar dari situasi krisis seperti saat ini, selain vaksinasi juga perlu dilakukan pengetatan Prokes, agar proteksi terhadap tubuh dan lingkungan dapat terbentuk secara sempurna.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran varian Omicron, yaitu

1. Menggunakan masker dengan benar
2. Menjaga jarak minimal 1 meter dan menjauhi kerumunan
3. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
4. Buka jendela, untuk ventilasi yang lebih baik
5. Segera melakukan vaksinasi apabila dalam kondisi sehat dan telah mendapatkan jadwal.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan kasus varian Omicron tidak meluas dan menimbulkan gelombang ketiga atau Third Wave.

Tetap waspada, jangan panik dan segera dapatkan Vaksinasi Covid-19 secara lengkap melalui fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Jika merasakan dan menduga sedang terinfeksi virus corona, lebih baik segera melakukan tes Covid-19. Selain itu, juga perlu melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.(der)

Jawaban Kenapa Kaum Adam Lebih Mudah Terangsang

Foto ilustrasi: healthdigest.com

MALANGVOICE – Sebuah studi seks di University of Texas menemukan jawaban sederhana pertanyaan kenapa cowok gampang terangsang.

Menurut studi tersebut, dibandingkan cewek, cowok lebih sulit menolak gambar-gambar yang mempertontonkan lawan jenis yang menarik, makanya gampang terangsang. Ini bahkan terjadi saat mereka diminta untuk tidak melihat gambar-gambar tersebut.

Tes lanjutan menemukan, cowok sebenarnya punya kontrol diri yang sama dengan cewek. Hanya saja, impuls untuk menerima lawan jenis yang menarik hampir 4 kali lebih kuat dibandingkan cewek.

Struktur area otak tertentu di hipotalamus yaitu nukleys suprakiasmatikus pada pria lebih besar sehingga menghasilkan testosteron yang lebih tinggi, sehingga dorongan seksualnya juga lebih tinggi.

Meski demikian, penulis studi seks Paul Eastwick bilang, keinginan untuk bercinta cowok emang tinggi, tapi mereka masih bisa berlatih untuk meningkatkan kontrol dirinya.

Bakal ada sisi positif buat cowok yang suka menahan nafsunya dengan baik, ternyata mereka akan terbentuk untuk bisa lebih fokus saat memikirkan atau melakukan sesuatu hal.

So, kalo lagi mesum jangan langsung dilampiaskan, tahan, sabar, puasa dan latihan terus, fokuslah pada hal-hal yang bersih bukan pikiran kotor melulu. Selamat mencoba!(der)

Sanusi Beberkan Asal-usul Pasien Omicron di Singosari

Bupati Malang HM Sanusi. (Toski D).

MALANGVOICE – Dampak ditemukan satu warga RT 2 RW 10 Desa Banjararum, Kecamatan Singosari terpapar Covid-19 varian Omicron, membuat Pemerintah Desa (Pemdes) setempat berlakukan PPKM mikro berbasis RT.

Selain itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, melakukan tracing terhadap 23 warga yang diduga kuat memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 varian Omicron.

“Kami lakukan tracing ke 23 warga yang diduga kuat memiliki kontak erat dengan pasien Omicron. Hasilnya, 4 warga diketahui positif Covid-19, dan yang satu itu positif Omicron,” ucap Bupati Malang HM Sanusi, saat ditemui Mvoice Senin (17/1).

Baca juga: Bupati Malang: Terlalu Lama Revitalisasi Pasar Bululawang Nunggu APBD, Pakai Cara Ini Saja

Sanusi menjelaskan, temuan varian baru tersebut merupakan transmisi lokal yang didapatkan pasien perempuan dari suaminya, dan warga baru pindah dari Trenggalek pada Desember 2021 lalu.

“Wanita itu (pasien Omicron), setelah kami tracing kembali ditemukan satu pasien positif Covid-19. Statusnya tetangga dan tidak ada hubungan keluarga dengan pasien yang sebelumnya,” jelasnya.

Sanusi menegaskan, pasien yang terpapar Omicron tersebut langsung dievakuasi ke Rusunawa ASN yang berada di Kepanjen.

Baca juga: Warga Kabupaten Malang Terpapar Omicron Diduga Terpapar dari Suami yang Sering ke Luar Kota

“Sudah ditangani, sekarang isolasi di Rusun ASN,” tegasnya.

Sebagai informasi, dipemberitaan sebelumnya, tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang telah tracing sekaligus testing terhadap 23 warga yang diduga kuat memiliki kontak erat dengan pasien Omicron tersebut.

Pola tracing sekaligus testing yang dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Malang dilakukan dengan membagi dua kelompok.

Untuk kelompok pertama dilakukan dengan testing polymerase chain reaction (PCR) kepada 17 orang yang kontak erat, dan yang kedua dilakukan swab Antigen kepada 6 orang hanya pernah berhubungan.(der)

Satu Warga Kota Malang yang Positif Omicron Sudah Sembuh

Virus Covid-19 (Pixabay).

MALANGVOICE – Seorang pria asal Kota Malang terpapar Covid-19 varian baru Omicron.

Hal itu disampaikan langsung, Wali Kota Malang, Sutiaji saat ditemui di Balai Kota Malang pada Senin (17/1).

Ia mengatakan, pasien itu dinyatakan positif Omicron setelah menjalani tes Whole Genome Squencing (WGS).

Baca Juga: Warga Kabupaten Malang Terpapar Omicron Diduga Terpapar dari Suami yang Sering ke Luar Kota

“Setelah dilakukan tes WGS ternyata memang Omicron. Dia memang memiliki mobilitas tinggi, terakhir dia habis dari Bali,” ujarnya.

Meski begitu, Sutiaji enggan memberitahu asal pria yang dinyatakan positif Omicron tersebut.

Ia hanya memastikan pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

“Setelah Isoman gak kemana-mana, kemudian di lakukan tes PCR hasilnya sudah negatif,” singkatnya.(der)

5 Posisi Favorit Morning Sex Saat Terburu-buru, No 5 Sangat Wow!

ilustrasi seks. (Shape Magazine)
ilustrasi seks. (Shape Magazine)

MALANGVOICE – Kegiatan morning sex bagi sebagian orang memiliki sensasi tersendiri selain karena kondisi tubuh masih segar.

Hanya saja sensasi ini tidak akan bisa dinikmati karena terburu-buru akibat banyaknya aktivitas masing-masing pasangan.

Ada lima posisi sebenarnya untuk mengatasi morning sex yang terburu-buru agar tetap bisa merasakan sensasi sekaligus menikmatinya.

Tentu saja pasangan harus berani mencoba beragam gaya atau posisi saat kondisi sedang terburu-buru karena harus segera beraktivitas yang lain.

Dilansir dari laman Menshealth, berikut lima posisi bercinta paling cocok melakukan morning sex saat sedang terburu-buru dikejar waktu.

1. Bercinta di Kamar Mandi
Untuk memangkas waktu paling bagus yaitu bercinta di kamar mandi karena setelah itu bisa langsung membersihkan diri dan melanjutkan aktivitas.

Asal jangan keterusan saling membersihkan diri atau menyabuni karena bakal lebih lama sehingga maksud mempersingkat waktu jadi gagal.

2. Spooning
Ketika bangun pagi sang pria memeluk punggung wanitanya juga bisa digunakan untuk memanaskan suasana.

Dengan posisi itu pria bisa mencium leher wanita dan wanita bisa memberikan sedikit dorongan atau menggerakkan bokong ke belakang untuk menstimulasi Mr P.

3. Misionaris Tak Biasa
Sekali waktu lakukan modifikasi gaya missionaris untuk membuat pasangan lebih bergairah.

Modifikasi missionaris ini dengan meletakkan kaki wanita di pundak pria. Posisi ini membuat si pria bisa melakukan penetrasi lebih dalam, sekaligus membuat kedua pasangan berdua bisa bertatap muka saat bercinta.

4. Oral Sex
Ketika masing-masing pasangan menyukai oral seks, menjadi salah satu kesempatan untuk melakukannya di pagi hari sebelum bekerja. Hal itu bisa membuat sensasi pagi hari lebih memanas.

5.Cowgirl
Pria sangat menyukai posisi ini. Cowgirl terbalik juga bisa jadi cara terbaik untuk memulai hari.

Posisi ini membuat pasangan bisa menikmati hubungan seks dengan segala kecepatan dan ‘kedalaman’ yang diinginkan. Selain itu, posisi ini juga menghindarkan pasangan dari kecanggungan bau mulut ketika bangun pagi.(end)

Enam Bahaya Menggunakan HP Sebelum Tidur

Ilustrasi. (Toski D/Mvoice).

MALANGVOICE – Beberapa orang beranggapan jika bermain handphone/HP (Gawai) sebelum tidur dapat membantu mengantuk dan akhirnya tertidur pulas.

Akan tetapi, faktanya malah sebaliknya dan kebanyakan setelah bangun tidur
tubuh merasa merasa lemas dan lelah, padahal telah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Dilansir dari Sehatq.com, selain dapat mengakibatkan kerusakan pada mata, ternyata ada risiko lain yang mengintai jika kebiasaan bermain gadget sebelum tidur, yaitu:

1. Menghambat fase tidur rapid eye movement (REM)

REM ini merupakan fase tidur yang penting untuk memulihkan pikiran dan tubuh. Bahkan, fase ini dapat memperkuat ingatan, keterampilan kreatif, hingga kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Jika terbiasa bermain Gawai/HP sebelum tidur dapat menghambat fase tidur REM, dan bisa merasa pening dan sulit konsentrasi di esok harinya.

2. Mengganggu pikiran

Bermain Gawai/HP sebelum tidur juga dapat mengganggu pikiran dan dapat merangsang otak sehingga membuat orang menjadi lebih aktif dan tetap terjaga.

Bahkan, jika melihat HP sebentar saja sudah bisa merangsang otak dan membuat kita sulit tertidur. Efek ini bahkan tetap dapat Anda rasakan setelah HP dimatikan.

3. Menurunkan produksi hormon melatonin

Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan oleh layar Gawai/HP dapat menurunkan dan menghambat produksi hormon Melatonin yang diproduksi oleh kelenjar pineal di dalam tubuh.

Hormon melatonin memiliki tugas untuk memberi tahu tubuh kapan untuk tidur dan terbangun, jika hormon tersebut terganggu maka akan dapat mengakibatkan insomnia, kelelahan di siang hari, hingga mudah marah.

4. Membuat Anda menjadi waspada

Menurut para peneliti di Universitas Harvard, dampak negatif gawai/HP yang dimainkan sebelum tidur dapat mengakibatkan merasa lebih waspada dan akhirnya membuat menunda waktu tidur.

5. Membuat rasa letih saat terbangun

Masih dari penelitian yang sama, para peneliti menyatakan bahaya main gawai/HP sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun dengan rasa letih, kantuk, dan pening di pagi harinya.

6. Bangun kesiangan

Kebiasaan membaca buku atau berita lewat layar gawai/HP sebelum tidur dipercaya dapat membuat Anda bangun kesiangan, dibandingkan dengan membaca buku fisik secara langsung.(der)

7 Ribu Dosis Vaksin Milik Dinkes Kota Malang Akan Kedaluwarsa Bulan Februari

Ilustrasi vaksin Bio Farma, (MG2).

MALANGVOICE – Sekitar 7 ribu dosis vaksin yang ada di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang akan expired atau kedaluwarsa pada bulan Februari 2022 mendatang.

“Dari sekitar 70 ribu dosis vaksin yang ada di Dinkes Kota Malang, sekitar 7 ribu akan expired pada bulan Februari,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif, Jumat (14/1).

Meski begitu, Ia menegaskan vaksin yang diberikan kepada peserta vaksinasi di Kota Malang dipastikan aman dan belum mencapai masa kedaluwarsa.

“Vaksin yang kita berikan kepada warga adalah yang tidak expired,” tegasnya.

Sementara itu, dari sekitar 70 ribu dosis vaksin yang ada di Dinkes Kota Malang, sekitar 50 ribu dosis akan digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster pada Senin (17/1) mendatang.

Sedangkan sisa vaksin sekitar 20 ribu dosis digunakan untuk melanjutkan vaksinasi primer dosis satu dan dua menyasar masyarakat umum, lansia dan anak usia 6-11 tahun di Kota Malang.(der)

Ini 5 Posisi yang Bikin Durasi Bercinta Lebih Lama

Ilustrasi sepasang kekasih, (Pixabay/Ist).

MALANGVOICE – Setiap pasangan pada umumnya selalu mengidam-idamkan memiliki durasi bercinta yang tahan lama.

Nah, tenang saja ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk membuat durasi bercinta bisa tahan lama, salah satunya dengan menentukan posisi sex.

Dilansir dari creakyjoints dan berbagai sumber, berikut 5 posisi bercinta yang bisa dicoba agar durasi bisa tahan lama yang dirangkum Mvoice:

Baca Juga: Kepala BI Malang Sodorkan Dua Kunci Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang Tahun 2022

1.Spooning atau menyamping

Spooning adalah posisi bercinta dengan menghadap arah yang sama. Pria membungkus pasangannya dalam posisi memeluk, posisi panggul kamu harus lebih rendah dari panggul pasangan.

Posisi ini bisa membuat durasi bercinta lama. Selain itu, bisa menambah keintiman dengan pasangan melalui obrolan santai.

Sebab, posisi kepala suami sangat dekat dengan telinga istri, sehingga suami bisa berbicara sangat dekat dengan telinga.

2.Duduk Mendekap

Duduk Mendekap adalah posisi bercinta dengan pria dalam keadaan duduk di sofa atau bersandar di kepala tempat tidur. Lalu, wanita bisa duduk dipangkuan pria.

Posisi ini membuat wanita menjadi pemegang kendali sebagai pengatur ritme selama penetrasi. Dengan ritme yang santai dan fokuskan diri untuk saling menatap dengan rasa kasih sayang akan membuat durasi bercinta lebih lama.

3.Doggy Style

Posisi bercinta yang satu ini tentunya hampir seluruh pasangan pasti mengetahuinya. Gaya dengan posisi wanita merangkak atau berbaring telungkup ini banyak digemari, di mana pria sebagai pemegang kendali.

Biasanya karena posisi wanita seperti sedang merangkak, sensasi saat penetrasi akan terasa dalam dan luar biasa. Oleh sebab itu, ritme saat penetrasi harus dibuat serileks mungkin.

Namun perlu sesekali melakukannya tempat baru dan tak perlu di atas kasur melulu. Cobalah sesekali melakukan gaya doggy style di sofa atau tepi meja.

Maka dijamin anda akan menemukan sensasi baru dan terasa lenih nikmat dari biasa yang di lakukan di atas kasur.

4.Woman On The Top

Posisi bercinta ini sangat simpel. Dimana wanita duduk diatas pria yang berbaring. Lalu, wanita mulai mengatur penetrasi dari atas sambil mengatur ritme bercinta.

Posisi Women On The Top (WOT) ini bisa membuat wanita merasakan penetrasi yang cukup dalam.

5.Bersandar di Dinding

Bersandar di Dinding adalah posisi bercinta wanita bersandar pada dinding. Lalu pria melakukan penetrasi dari depan atau posisi menghadap dinding.

Posisi bercinta ini memudahkan tangan pria untuk bergerak mengeksplorasi sekaligus merangsang bagian klitoris dan g-spot wanita.(der)