4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Klikdokter.com
Klikdokter.com

MALANGVOICE – Nanas memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain mengandung antioksidan, buah dengan nama ilmiah Ananas comosus juga tinggi vitamin C dan serat.

Selanjutnya, kandungan nutrisi yang dimiliki nanas mampu mencegah dan mengobati tubuh dari berbagai penyakit.

Melansir dari berbagai sumber, berikut MVoice merangkum beberapa manfaat buah nanas yang sebenarnya dapat menyehatkan sesuai porsi mengonsumsinya.

BNN Kota Malang

1. Meminimalisir Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis berbeda dengan influenza. Penyakit sinusitis disebabkan lendir yang menyumbat hidung sehingga sulit disembuhkan karena terperangkap dalam rongga.

Biasanya penderita sinusitis akan melakukan operasi untuk mengeluarkan lendir yang tersumbat. Nah, buah nanas mengandung enzim bromelain yang dinilai mampu sebagai anti inflamasi. Enzim tersebut dapat mengurangi lendir dan peradangan karena sinusitis.

2. Cegah Penyakit Jantung

Selanjutnya, zat penting lainnya yang terkandung dalam buah nanas yakni potasium. Diketahui bila potasium berguna untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh. Sehingga berguna untuk menurunkan risiko hipertensi.

Kemudian, kandungan vitamin C bukan hanya membantu ketahanan tubuh dari banyak kuman dan virus di lingkungan. Tapi, juga baik untuk jantung seperti mencegah terjadinya gangguan pada pembuluh darah akibat kolestrol jahat yang menyumbat.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain menyehatkan, kandungan serat yang tinggi juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh.

Bukan hanya kandungan seratnya saja yang dapat membantu proses penurunan berat badan. Tapi, juga enzim bromelai yang mampu mengurai protein, sehingga membantu proses pencernaan makanan yang lebih efisien.

3. Menunda Penuaan Dini

Khasiat menakjubkan yang Anda dapatkan dari manfaat buah nanas untuk kecantikan yakni menggunakan masker nanas di wajah.

Sebab, buah nanas memiliki kandungan asam alpha-hydroxy dan antioksidan yang dinilai mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

Nah, itulah sederet manfaat buah nanas bagi wanita cukup banyak. Sehingga disarankan untuk rajin konsumsi buah nanas supaya lebih awet muda ya!(Der/Aka)