2018 Pemkot Batu Terapkan E-Government

Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Aziz Ramadani/MVoice)

MALANGVOICE – Demi meningkatkan palayanan publik, Pemkot Batu bakal menerapkan e-government pada 2018. Proses administrasi pemerintahan berbasis elektronik ini juga bermanfaat mencegah praktik korupsi.

Plt Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, sistem ini berfokus untuk membangun efektivitas dan efisiensi tata kelola antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Manfaatnya sangat banyak, yang paling utama adalah dapat mengurangi potensi korupsi karena memangkas celah terjadinya permainan antara oknum birokrat dan pihak luar.

“Pemerintah pun tidak bisa ujug-ujug bikin kegiatan. Misalnya mau buat acara ulang tahun Kota Batu 2020 dengan mengundang artis. Ya mulai dirancang programnya 2-3 tahun sebelumnya,” kata Punjul beberapa waktu lalu.

Sistem ini, lanjut Punjul, mengharuskan Pemda tidak hanya merencanakan program khusus untuk setahun saja. Akan tetapi, selama lima tahun apa saja program kerja telah dilaporkan. Penerapan e-government juga telah diimbau secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, beberapa waktu lalu, saat mengumpulkan seluruh kepala daerah di Istana Negara.

“Harus ada perencanaan yang termonev (monitoring dan evaluasi) pemerintah pusat,” tutup politisi PDI Perjuangan ini.(Der/Yei)