150 Pelajar Bentangkan Merah-Putih Raksasa di Gunung Panderman

MALANGVOICE – Bendera Republik Indonesia raksasa dibentangkan di lereng Gunung Panderman, Kamis (16/8). Bendera berukuran 20×40 meter itu digotong 150 pelajar Kota Batu dan Kota Malang.

Didampingi komunitas Cansabalas, ratusan pelajar dari perwakilan SMA di Kota Batu ikuti aksi bertajuk Ekspedisi Merah Putih. Mereka berangkat dari pos pantau Gunung Panderman di Dusun Seruk, Pesanggrahan. Tujuannya ke lereng gunung di ketinggian 1.500 Mdpl.

“Pembentangan hari ini. Besok sore (17/8), kami turunkan,” kata Ketua Ekspedisi Merah Putih Yanuar.

BNN Kota Malang

Aksi ini rupanya juga dimanfaatkan untuk mempertebal nasionalisme. Seperti diungkapkan Elma Silviana, pelajar kelas X SMKN 1 Batu. Dia mengaku baru pertama kali ikut mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Panderman.

“Ya, ini pertama kali saya ikut. Saya ikut karena ingin tahu sendiri bagaimana rasanya membentangkan bendera di Gunung. Karena saya ingin menambah wawasan dan menanamkan jiwa nasionalisme,” ujarnya.

Selama proses membawa bendera, ada 20 peserta ekspedisi bergantian menggotong bendera yang sudah digulung rapi. Saat turun gunung pun dipastikan tidak meninggalkan sampah. Bahkan jika menemukan sampah, mereka telah siap kantong plastik untuk dibawa turun.(Der/Aka)