Wali Kota Malang Turun Langsung Sidak Jalan Berlubang

Wali Kota Malang Sutiaji memantau jalan rusak di kawasan Kelurahan Tunggul Wulung, Selasa (19/2). (Humas Pemkot Malang)
Article top ad

MALANGVOICE – Wali Kota Malang, Sutiaji bersama dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Hadi Santoso inspeksi mendadak (sidak) kondisi jalan berlubang, Selasa (19/2). Sasarannya kali ini jalan di kawasan Kelurahan Tunggul Wulung.

Sutiaji mengungkapkan, hasil turun lapangan ini diketahui jalan berlubang masih merata di berbagai titik. Sehingga Ia menginstruksikan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar melakukan perbaikan segera.

“Hari ini saya sampling (ambil contoh), ternyata hampir merata, jalan masih ada berlubang dan itu harus segera ditutup,” kata Sutiaji.

Pria berkacamata ini juga menegaskan harus ada perbaikan sistem dalam pengerjaan jalan berlubang sehingga dapat diketahui kualitas pengerjaannya. Dicontohkannya, jalan di kawasan Kelurahan Tunggul Wulung ini diaspal, tahun 2015, namun saat ini kondisinya sudah banyak yang berlubang dan rusak.

“Karena itu hemat saya perlu ada sistem karena mestinya jalan di kawasan ini kualitasnya masih bagus karena dikerjakan tahun 2015,” sambung dia.

Selain itu, Sutiaji juga menyinggung masalah drainase yang menjadi salah satu penyebab banjir. Pasalnya, jika drainase tidak dibangun dengan baik dan air meluber sampai ke jalan, maka dapat merusak aspal.

“Aspal itu kelemahannya adalah air, jadi drainase juga menjadi faktor penting,” pungkasnya. (Der/Ulm)