Tahun Ajaran Baru 2018, SMKN 6 Buka Jurusan SIJA

Siswa SMKN mengerjakan tugas di laboratorium komputer. (Anja a)
Siswa SMKN mengerjakan tugas di laboratorium komputer. (Anja a)

MALANGVOICE – SMKN 6 Malang membuka jurusan baru, yaitu Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) tahun ajaran 2018 ini. Tidak sama dengan jurusan lain yang hanya memerlukan waktu 3 tahun, SIJA berdurasi 4 tahun.

Humas SMKN 6 Malang, Sulaiman Sulang, menjelaskan, jurusan SIJA menjawab tuntutan dunia industri global akan lulusan terampil, baik dalam hal teknis jaringan dan komunikasi seperti web, internet dan juga mumpuni secara softskill maupun pengalaman kerja.

“Apalagi dengan teknologi maju seperti saat ini, sekolah dituntut untuk membuat terobosan baru dan mengembangkan kurikulum sesuai tuntutan dunia,” katanya saat ditemui MVoice, Rabu (3/1).

BNN Kota Malang

Kelas SIJA akan dibuka hanya untuk 35-36 siswa saja sesuai pagu. Selama 3 tahun pertama studi, siswa akan belajar teori dan praktik dengan bobot 50:50. Sedangkan setahun berikutnya, siswa akan ditempatkan di perusahaan untuk praktik 100 persen.

Sekolah mengaku sudah sangat siap. Fasilitas dan SDM guru sudah dipersiapkan dengan matang sejak 2017 lalu. Izin dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim pun dikantongi sekolah. Pihaknya bahkan mendatangkan tim ahli untuk memberikan pendampingan teknis pada guru di SMKN 6 Malang.

“Laboratorium, komputer, ruang kelas semua sudah siap. Kami berharap jurusan ini bisa menjawab kebutuhan siswa yang ingin segera mendapat pekerjaan setelah lulus sekolah nanti,” pungkasnya.(Der/arg)