Sutiaji Resmikan Listrik Surya Atap SMPN 3 Malang

Wali Kota Malang, Sutiaji beserta Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah resmikan Listrik Surya Atap di SMPN 3. (Lisdya)
Wali Kota Malang, Sutiaji beserta Kepala Dinas Pendidikan, Zubaidah resmikan Listrik Surya Atap di SMPN 3. (Lisdya)

MALANGVOICE – Usai mengajukan kepada alumni pada tahun lalu, SMPN 3 Malang akhirnya resmi memiliki Listrik Surya Atap. Peresmian pun dibuka oleh Wali Kota Malang, Sutiaji beserta Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, Rabu (30/10).

Dalam sambutannya, Sutiaji mengatakan, jika sebenarnya keberadaan listrik bertenaga surya memang sudah umum apalagi di perguruan tinggi, namun hal ini menjadi menarik berkat bantuan dari para alumni SMPN 3 Malang.

BNN Kota Malang

“Hal ini menunjukkan bahwa komponen anak bangsa di dunia pendidikan sangat berperan,” ujarnya.

Ia menyebut jika serta alumni memang menjadi salah satu poin penting untuk mengembangkan sekolah serta memajukan dunia pendidikan di Kota Malang.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Malang, Mutmainah Amini menjelaskan bahwa listrik bertenaga surya ini mulai beroperasi pada bulan Juli kemarin. “Iya mulai tahun kemarin dan mulai dipasan pada Ramadan kemarin,” ujarnya.

Listrik bertenaga surya, lanjutnya, memiliki panel sekitar 56 dan menghasilkan 19,6 kw dalam sagu bulan. Jika dikonfersikan setara dengan Rp 3 juta. Sedangkan pembuatan listrik surya atap mencapai sekitar Rp 330 juta.

“SMPN 3 Malang itu dalam satu bulan untuk membayar listrik mencapai Rp 6 juta, tapi dengan adanya ini kami bisa menghemat setengahnya,” imbuh Mutmainah.

Tak hanya itu, dengan adanya listrik bertenaga surya dapat menjadi media pembelajaran bagi para pendidik dan siswa. Ia pun mengatakan, jika sebelumnya panel surya telah digunakan oleh guru IPA untuk perhitungan.

“Bisa dijadikan media pembelajaran, karena ada hitung-hitungannya, mulai dari mata pelajaran IPA, IPS, Matematika, Agama, semua bisa. Terpenting kami mengambil dari sisi edukasinya,” tandasnya.(Der/Aka)