Sering Kebas dan Kesemutan Bikin Risih, Atasi dengan Ini

kaki kesemutan bisa ganggu prpduktivitas. (Shutterstock)
kaki kesemutan bisa ganggu prpduktivitas. (Shutterstock)

MALANGVOICE – Rasa kesemutan atau kebas yang dialami dapat mengganggu aktivitas harian. Jika terjadi secara terus menerus, kesemutan dan kebas bisa menurunkan produktivitas. Apalagi sebentar lagi bulan Ramadan, kamu tentunya tidak mau kaki dan tangan kesemutan saat beribadah, bukan?

Menurut informasi yang dirangkum MVoice dari laman WebMD, kesemutan biasanya terjadi karena gerakan berulang yang menekan saraf. Sehingga ada 2 (dua) cara yang tepat untuk mengatasinya, sebagai berikut:

1. Banyak bergerak /olahraga

BNN Kota Malang

Bergerak, olahraga, senam ataupun berjalan kaki, bisa mencegah kesemutan. Hindari melakukan gerakan yang menekan bagian tubuh terlalu lama, seperti duduk bersila terlalu lama.

2. Cukupi Asupan Vitamin B

Penyebab sering kesemutan adalah defisiensi vitamin B. Hal ini karena vitamin B merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan saraf. Makanan yang kaya vitamin B1 yaitu kacang-kacangan, daging tanpa lemak, kuning telur.

Yang kaya akan vitamin B6 di antaranya kuning telur, daging, ikan, susu, hati, gandum, kacang-kacangan. Sedangkan vitamin B12 bisa didapat dari protein hewani seperti hati, ginjal, telur, ikan susu, keju, daging. Kecukupan vitamin B juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen kombinasi vitamin B neurotropik.(Der/Aka)