Pemkot Batu Anggarkan 24 Persen untuk Pendidikan

Punjul Santoso (fathul/Mvoice)

MALANGVOICE – Pemerintah Kota Batu menganggarkan 24 persen dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) nya untuk pendidikan.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, bahwa Batu nanti tidak hanya ingin dikenal sebagai Kota Wisata tapi juga harus dikenal sebagai kota yang ramah pendidikan.

“Makanya kemarin saya sebutkan bahwa dana BOSDA itu dibagi ke seluruh sekolah ya dari anggaran 24 persen tersebut. Bisa dipakai untuk membantu siswa dari pakaian, tas, sepatu, hingga makan dan minum yang bergizi,” kata Punjul kepada MVoice.

BNN Kota Malang

Dari dana itu juga, lanjut Punjul, pihaknya kemudian memberikan beasiswa kepada 6 mahasiswa asal Batu setiap tahunnya untuk dikuliahkan gratis pada Program Studi Pertanian dan Program Studi Priwisata di Universitas Brawijaya.

“Selanjutnya nanti akan kita bangun juga guest house-guest house di Malang, Surabaya, Yogyakarta, untuk mahasiswa-mahasiswa Batu yang kuliah di sana. Ini semata-mata untuk mendukung pendidikan di Kota Batu,”tambah Punjul.

Untuk tingkat SD sampai SMA, Punjul telah menginstruksikan kepada para guru dan kepala sekolah untuk selalu memperhatikan siswanya. Bila ada yang lama tidak masuk tanpa kabar, dewan guru wajib melihat ke rumah siswa-