Operasi Keselamatan Semeru 2019 di Kota Batu, Polisi Fokus 9 Pelanggaran

Flash Mob Ops Simpatik Semeru 2019 yang digelar Sat Lantas Polres Batu di Pertigaan Lippo Plaza, Jalan Diponego Kota Batu, Selasa (30/4). (Ayun/Mvoice)

MALANGVOICE – Pasca Pemilu 2019, Satlantas Polres Batu menggelar Flash Mob Ops Simpatik Semeru 2019. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 20 anggota Polres Batu, sejak pukul 09.00 WIB di Pertigaan Lippo Plaza, Jalan Diponego Kota Batu, Selasa (30/4).

Operasi Keselamatan Semeru 2019 merupakan operasi tahunan mulai 29 April hingga 12 Mei 2019.

“Ini kan Operasi Keselamatan Semeru 2019, yang tiap tahun kita laksanakan. Untuk tahun ini operasi semeru 2019 ini mulai 29 April hingga 12 Mei 2019,” kata Kasat Lantas Polres Batu AKP. Diyana Suci Listyawati, Senin (30/4).

BNN Kota Malang

“Ya, selama 12 hari kegiatan tujuannya kami ingin meningkatkan kesadaran maupun disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Tujuan akhirnya terciptanya keselamatan dan kelancaran berlalu lintas,” lanjut Diyana

Dikatakan, sembilan atensi atau sasaran yang menjadi fokusnya. Namun dalam operasi kali ini, pihaknya lebih mengedepankan sikap preemtif atau memberi pendidikan hingga sosialiasasi masyarakat untuk keselamatan berlalu lintas.

“Kita fokus preemtifnya itu pelanggaran yang sifatnya 9 prioritas pelanggaran dan yang menimbulkan fasilitas korban kecelakaan lalu lintas. Misalnya pengemudi yang mengoperasikan handphone, kemudian pengemudi yang mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol miras atau narkoba, terus melawan arus dan sebagainya,” ungkap Diyana

Selain itu, Diyana menyebut pihaknya juga memberi atensi pada pengendara yang tak menggunakan helm SNI, pengemudi yang tak memakai safety belt, pengendara sepeda motor berboncengan tiga, dan mobil dengan bak terbuka tidak boleh mengangkut orang serta melebihi muatan.

Di kesempatan yang sama, Diyana mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya di jalan raya. Selain itu, ia juga meminta masyarakat mengecek kesiapan kendaraan sebelum digunakan.

“Mohon kepada masyarakat khususnya pengendara kendaraan bermotor agar lebih berhati-hati lagi dalam mengendarai kendaraan bermotor khususnya di jalan raya. Tolong lebih perhatian terhadap kendaraannya sebelum mengendarai kendaraan bermotor,” pesannya.(Hmz/Aka)