Peringatan Hari Kartini 2017

Nanda: Perempuan Berperan Penting Perkuat Ketahanan Keluarga

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Ya'qud Ananda Gudban, menjadi pembicara di Universitas Brawijaya. (ist)

MALANGVOICE – Dharma Wanita Persatuan Universitas Brawijaya (DWP-UB) menggelar dialog memperingati Hari Kartini, Jumat (21/4), di Gedung Fakultas Hukum UB.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Ya’qud Ananda Gudban, hadir sebagai pemantik tunggal dalam dialog bertema ‘Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga di Era Modern’ itu. Dalam paparannya, dia menilai, ketahanan keluarga tidak bisa lepas dari peran perempuan.

“Perempuan selalu berperan lebih dalam banyak sektor dan berbagai sisi, termasuk ekonomi, sehingga menjadi penunjang ketahanan keluarga,” kata Nanda, sapaan akrabnya.

Dalam acara ini, peserta dialog yang meliputi istri pejabat di lingkungan UB, begitu aktif menyampaikan beragam pandangan. Ketua DWP-UB, Titik Bisri, sempat menyampaikan sejumlah pertanyaan dan mengaku senang atas penyampaian Nanda.

Lebih lanjut, Nanda menilai, perempuan selalu harus bergerak mengikuti zaman. “Tapi landasan perjuangan harus memiliki basis jelas. Sosok Kartini bisa jadi basis perjuangan perempuan, sehingga di zaman yang cepat berubah ini kita harus tetap mengikuti arus tanpa meninggalkan adat budaya,” pungkasnya.