Musrenbang Kecamatan Junrejo Prioritaskan Perbaikan Infrastruktur, Wali Kota Batu Ingatkan Sesuatu

Penadatanganan berita acara Musrenbang Kecamatan Junrejo. (Aan)

MALANGVOICE – Pembangunan infrastruktur untuk menanggulangi bencana dan pemulihan ekonomi menjadi prioritas Kecamatan Junrejo. Hal ini tertuang dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Junrejo pada Rabu (24/02/2021)di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Sub Tropika (Balitjestro), Beji, Junrejo, Kota Batu.

Camat Junrejo, Dian Saraswati memaparkan terdapat 78 perencanaan pembangunan, sekitar 60 persen merupakan pembangunan infrastruktur. Pembangunan tersebut meliputi perbaikan akibat bencana dan langkah untuk menanggulangi bencana.

Sementara 40 persen sisanya adalah perencanaan pemulihan ekonomi. Pemulihan itu akan dilakukan dengan mengembangkan UMKM Junrejo yang dirasa memiliki potensi besar.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, memgatakan, meski usulan perencanaan dibutuhkan masyarakat, verifikasi dan validasi masih harus dilakukan oleh Bappelitbangda Kota Batu.

“Setelah verifikasi dan validasi baru bisa melakukan penentuan prioritas. Di masa pandemi ini yang diprioritaskan adalah kesehatan dan pemulihan ekonomi,” jelas Dewanti.

Dewanti mengingatkan jika ada infrastruktur yang membahayakan masyarakat harus diutamakan. Ia mencontohkan di Desa Torongrejo yang banyak jalan berlubang belum tersentuh perbaikan.

Tentang dana desa yang belum cair, Dewanti menyebut karena banyak syarat yang belum dipenuhi. Karena itu Dewanti meminta agar hari ini syaratnya dipenuhi oleh kecamatan agar bisa dieksekusi

“Saya sudah menyampaikan pada Pak Sekda agar memberi hukuman jika syaratnya tidak lengkap. Itu memang masih sekadar wacana. Yang jelas kami minta agar hari ini segera diselesaikan,” tegasnya.

Selain itu, Dewanti juga mendorong agar UMKM di Junrejo dapat lebih berkembang lagi. Potensi UMKM yang dimiliki oleh Junrejo dinilai Dewanti bagus sekali.

“Kami menginginkan agar produk UMKM yang ada di Junrejo ini dapat diekspor. Pemkot akan membantu memfasilitasi ke pusat,” janji dia.

Dewanti berharap seluruh perencanaan di Musrenbang ini dapat dieksekusi sepenuhnya sehingga tidak ada Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenan (SILPA).

Sementara itu, Camat Junrejo Kota Batu, Dian Saraswati mengatakan selain pemulihan ekonomi dan perbaikan infrastruktur, masih ada tiga program andalan lainnya. Ketiga program itu yakni menjaga Junrejo tetap aman kala pandemi, pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan.

“Yang kita angkat pada Musrenbang ini yang memerlukan APBDes besar serta pengerjaan yang kompleks sehingga memerlukan perhatian lebih,” tandasnya.(end)

article bottom ad