Menhan Ajak Waspadai Konsep Khilafah

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu. (Lisdya)
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu. (Lisdya)

MALANGVOICE – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu mengatakan jika sudah ada 21 negara yang telah melarang konsep khilafah. Sebab, konsep tersebut dikatakan keluar dari ajaran Islam.

“Konsep khilafah ini adalah ajaran sesat yang dilarang di penjuru dunia. Bahkan, di Mesir sudah membubarkan organisasi yang mendorong negara khilafah,” ujarnya saat memberikan materi Bela Negara kepada mahasiswa baru UB, Sabtu (24/8).

Menurutnya, siapapun tak boleh mengubah ideologi Pancasila diganti dengan konsep keagamaan. Ideologi Pancasila dikatakannya merupakan anugerah luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia.

“Siapapun nggak boleh mengganti Pancasila. Apabila kita sudah menerapkan Pancasila sejak dini, otomatis kita memiliki sikap bela
negara,” ungkapnya.

Selain itu, saling terikatnya sikap bela negara dan Pancasila merupakan salah satu bentuk nasionalisme. Hal ini juga harus diterapkan di perguruan tinggi. Sebab, akhir-akhir ini ia khawatir akan paham radikal yang marak berkembang di lingkungan perguruan tinggi.

“Ketahanan nasional bisa saja terancam, seperti terorisme. Namun, ancaman tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali bagi generasi muda. Untuk itu kita terus tingkatkan rasa bela negara kita dengan menerapkan ideologi Pancasila,” tandasnya.(Der/Aka)