Mbois! Beli Sayur dan Lapor Jalan Lubang Pakai Aplikasi Among

Kadiskominfo Batu Siswanto menunjukkan aplikasi Among Tani yang terintegrasi Smart City. (Aziz Ramadani / MVoice)
Kadiskominfo Batu Siswanto menunjukkan aplikasi Among Tani yang terintegrasi Smart City. (Aziz Ramadani / MVoice)

MALANGVOICE – Program Smartcity Pemkot Batu, kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. Telah diluncurkan 3 aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone. Yakni, aplikasi Among Tani, Among Kota, dan Among Warga.

Tiga aplikasi yang berisi informasi dan bisa untuk pengaduan layanan publik kini sudah bisa digunakan. Baik masyarakat Kota Batu maupun wisatawan.

Aplikasi Among Kota misalnya ini sudah diunduh 100 orang. Menu pilihannya beragam, salah satunya informasi tentang layanan publik. Seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Rumah Sakit Baptis, Polsek Batu dan Mako Penanggulangan Kebakaran. Seluruhnya lengkap dengan alamat dan nomor telepon.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (DiskomInfo) Kota Batu, Siswanto mengatakan, ketiga aplikasi itu sudah ada di Google playstore. Dia berharap masyarakat manfaat aplikasi yang sangat berguna tersebut dan gratis.

“Silakan download sendiri, ketiganya sudah ada, namun yang sudah action baru dua, Among Warga masih belum,” kata dia.

Seperti diketahui, aplikasi, Among Tani yang berisi tentang pertanian, mulai dari harga komoditas pertanian, jenis hama dan penyakit, tempat berjualan untuk pestisida, dan laporan pertanian.

Juga, aplikasi Among Kota yang berisi tentang informasi secara umum Kota Batu, mulai dari wisata sampai informasi hotel di Batu.

Keduanya sudah siap untuk digunakan, namun untuk aplikasi Among Warga diakui Siswanto memang masih terkendala.

“Perlu finalisasi, perlu komitmen dengan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait SOP (standar operasional prosedur),” ujarnya.

SOP yang dimaksud, lanjut Siswanto, adalah komitmen dalam penanganan laporan. Sebab, dalam aplikasi Among Warga ini nanti akan menjadi tempat melapor warga masyatakat, termasuk berbagai faslitas umum. Mulai jalan berlubang, penerangan jalan umum yang padam, dan pelayanan lainnya.

“Komitmen ini yang perlu kami bangun dengan OPD,” tutupnya.(Der/Aka)