Perbaikan Gorong-gorong di Jalan Merdeka

Kerap Banjir, Drainase di Kawasan Alun-alun Merdeka Diperbaiki

Para pekerja menggarap perbaikan drainase di Jalan Merdeka. (Muhammad Choirul)
Para pekerja menggarap perbaikan drainase di Jalan Merdeka. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Musim penghujan membuat beberapa titik kerap terendam banjir, tidak terkecuali di pusat Kota Malang. Hal itu juga terjadi beberapa waktu lalu di sekitar Alun-alun Merdeka, tepatnya di sisi utara, yakni Jalan Merdeka.

Penyebabnya, drainase atau gorong-gorong di kawasan itu tidak berfungsi maksimal. Kondisi ini mendapat respon Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), dengan melaksanakan perbaikan drainase.

Pantauan MVoice, Jumat (24/2) sore, sejumlah pekerja tengah mengerjakan perbaikan itu. Aris, salah satu pekerja, mengatakan, proses penggalian gorong-gorong sudah berlangsung sejak pertengahan pekan lalu.

“Untuk penggarapan materialnya, termasuk pengecoran, baru kerjakan mulai Senin (20/2). Kemungkinan pekan ini sudah selesai,” ungkapnya kepada MVoice, sambil terus menunaikan tugasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air dan Drainase DPUPR, Bambang Nugroho, mengatakan, pihaknya memang mendapat sejumlah laporan masyarakat terkait banjir yang kerap melanda kawasan itu.

“Karena banjir tidak bisa ditunda, jadi kami melaksanakan perbaikan. Apalagi, ini termasuk jalan utama. Harapannya seminggu sudah tuntas dan tidak ada genangan lagi,” pungkasnya.