Kenalkan Karya UKM Lewat Gelar Produk dan Lokakarya

Suasana lokakarya UMK di Unmer Malang. (Muhammad Choirul)
Suasana lokakarya UMK di Unmer Malang. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kinerja Hijau bersama PT HM Sampoerna menggelar Pagelaran Kampoeng Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Universitas Merdeka (Unmer) Malang. Ajang yang berlangsung selama dua hari ini terbagi atas pameran produk dan lokakarya.

Tujuannya tak lain ialah mengenalkan produk-produk yang dihasilkan para pelaku UKM. Sejumlah stan pun tersedia, meliputi 6 kelompok desa, dari 3 daerah di Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto.

Sekretaris Eksekutif Kinerja Hijau, Bovi Villa, menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya memotivasi dari kelompok-kelompok UKM. Dia ingin membuktikan bahwa UKM mampu menghasilkan dan memamerkan produk-produk berkualitas.

BNN Kota Malang

“Ini juga hasil pendampingan kami selama ini, banyak sekali potensi. Kami berharap ini juga belum berakhir. Karena ada fase-fase berikutnya ini masih enam bulan berjalan dan masih kurang optimal,” ucapnya.

Dalam ajang ini juga terjadi dialog yang cukup interaktif. Dipaparkan sejumlah tantangan dan solusi untuk menghadapinya.

“Tantangan yang sekarang pada ibu-ibu apakah ini dianggap sebagai peluang atau malah semakin menjadi mati. Itu yang akan kita dorong bagaimana respon pemerintah pusat dan lembaga-lembaga pembiayaan,” pungkasnya.(Coi/Aka)