09 February 2023
09 February 2023
22.1 C
Malang
ad space

Hilangkan Ketombe Bandel? Coba Bahan Alami ini

MALANGVOICE – Ketombe atau kulit kepala yang mati disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, jarang keramas, terlalu sering keramas, kulit kering, produk shampoo, serta infeksi jamur malassezia.

Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe.

Jika kulit kepala anda terdapat banyak ketombe, dan sulit untuk menghilangkannya, melansir dari berbagai sumber kali ini MVoice bakal merangkum cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami, yuk simak:

1. Minyak kemiri
Ternyata minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut. Cara menghilangkan ketombe yang parah menggunakan minyak kemiri, yakni gunakan minyak kemiri sebelum keramas, biarkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih.

2. Cuka
Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan ketombe. Tapi tentu dengan berhati-hati, jangan memakai cuka terlalu banyak.
Caranya, siapkan 1 sdt cuka kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala. Biarkan beberapa saat. Bilas dengan air sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan dua kali dalam seminggu.

3. Baking soda
Sama seperti cuka, jangan gunakan baking soda terlalu banyak dan terlalu sering. Caranya, siapkan setengah sdt baking soda. Larutkan dengan air hingga mengental. Oleskan secara merata pada kulit kepala. Biarkan beberapa saat. Bilas dengan air hingga bersih

4. Bawang merah
Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Caranya dengan sediakan bawang merah, kupas kulitnya, kemudian haluskan, oleskan merata pada kulit kepala, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

5. Garam
Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala. Hal yang perlu diperhatikan yakni, sediakan garam secukupnya, gosokkan garam pada kulit kepala, diamkan sebentar kemudian bilas kepala dengan air hingga bersih.

Itu tadi beberapa tips menghilangkan ketombe, semoga bermanfaat.(Hmz/Aka)

Berita Terkini

Arikel Terkait