Peringatan Idul Adha 1438 H

DPKP Libatkan 450 Mahasiswa Kedokteran Hewan UB Pantau Pelaksanaan Kurban

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menempelkan stiker sebagai bukti hewan tersebut layak disembelih. (Miski)

MALANGVOICE – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Malang melibatkan 450 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Brawijaya (UB), dalam memantau pelaksaaan penyembelihan kurban, Jumat (1/9) mendatang. Ditambah, 50 orang petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan, DPKP, Hilda Sari, mengatakan, pemeriksaan dilakukan dua tahap. Pertama, sebelum hewan disembelih atau mengecek kondisi di tempat penjualan.

“Kedua, pemeriksaan ketika prosesi penyembelihan, baik di Masjid, Musala dan masyarakat yang melangsungkan kurban,” katanya.

Para mahasiswa mendapat pembekalan sebelumnya. Pada H-1, kata dia, pihaknya akan mendatangi setiap ?masjid, musala yang melangsungkan penyembelihan hewan kurban. Sekaligus menyampaikan ada mahasiswa yang akan memeriksa saat hari H.

Pemeriksaan di hari H untuk memastikan hewan kurban tersebut tidak terdapat cacing hati. Selain itu, pihaknya juga meminta para mahasiswa agar senantiasa melaporkan kondisi di lapangan apabila ada temuan.

Idul Adha sendiri diperkirakan berlangsung pada hari Jumat. Kemungkinan besar, kata Hilda, penyembelihan hewan kurban bisa jadi dilakukan satu hari setelahnya atau pada Sabtu (2/9).

“Tapi, setiap tahun jumlah hewan yang terdapat cacing hati terus menurun. Pemeriksaan tujuannya untuk mencegah penyakit yang ada di hewan menular setelah dikonsumsi masyarakat,” pungkas dia.(Der/Yei)