Bentuk Karakter Siswa SD, Kemendikbud dan Pemkab Malang Punya Program Khusus

Kabid TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Slamet Suyono. (Toski D)

MALANGVOICE – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melaksanakan program “Siap-Siap Aku Bisa” yang berpola pada lomba guna meningkatkan pendidikan karakter pada siswa yang sudah terkandung dalam Kurikulum 2013 (K13).

Kepala Bidang (Kabid) TK/SD Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Malang, Slamet Suyono mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu (11/8) besok, di taman rekreasi Sengkaling, dengan melibatkan sebanyak 600 siswa yang berasal dari SDN se-Kabupaten Malang.

“Mereka nantinya akan terbagi menjadi 10 kelompok, setiap kelompok sebanyak 60 anak. Untuk jenis lombanya yang menentukan langsung dari pihak kementerian, lembaga hanya mempersiapkan pelaksanaannya saja,” katanya.

Kegiatan seperti ini, lanjut Slamet, akan digelar secara serentak di 20 daerah, dan yang akan didatangi oleh Menteri Pendidikan di Kabupaten Malang. Sebab, pihak kementerian pendidikan ingin sepenuhnya karakter siswa terbentuk secara baik. Karena dengan karakter yang dimiliki anak, akan berimbas terbentuknya jiwa yang baik dan penuh tanggung jawab nantinya.

“Untuk saat ini pelaksanaan kegiatan hanya se-Kabupaten Malang dan untuk wilayah Jawa Timur recananya akan dilakukan pada bulan September nanti,” jelasnya.

Perlombaan yang mengarah pada pendidikan karakter, nantinya juga akan menjadi agenda rutin kementerian. Bahkan kementerian juga akan memantau secara langsung kegiatan tersebut. (Der/Ulm)