Bantu Dorong Produktivitas UKM, Ninja Xpress Hadirkan Creative Hub di Malang

Studio foto yang telah disediakan Ninja Xpress untuk membantu UKM lokal, (Bagus/Mvoice).

MALANGVOICE – Keseriusan Ninja Xpress dalam membantu mendorong produktivitas UKM lokal ditunjukkan lewat pembukaan Creative Hub yang bertempat di G-Space Creative Space, Jalan Candi Ngrimbi, Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Perlu diketahui, sebanyak 57 persen UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi menggunakan iklan di Media Sosial (Medsos) dan 56 persen menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya.

Hal itu yang menjadi salah satu alasan dibukanya Creative Hub untuk memperkuat komitmen ninja Xpress tumbuh bersama UKM melalui Program Creative Business solutions. Program itu mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk.

CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, menyampaikan beberapa program yang ditawarkan melalui Creative Hub, diantaranya tempat pelaku bisnis UKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional.

Lalu, support Online advertising dimana UKM bisa melakukan iklan online secara maksimal dengan bantuan dari Ninja Xpress. Kemudian, Support Offline dimana UKM bisa beriklan melalui billboard atau videotron yang terletak di beberapa titik di Malang seperti area Jalan Kertanegara, Jalan Ijen, dan Jalan Merdeka.

“Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress,” ujarnya, Senin (24/1).

Andi menambahkan bahwa creative hub sendiri telah dibuka sejak 2020 lalu di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta. Hingga saat ini, sudah lebih dari 30.000 produk telah diambil foto produknya di Ninja Creative Hub dan lebih dari 3.000 pelaku UKM telah mengirimkan produknya.

“Di dalam Creative Hub, pelaku UKM akan mendapatkan fasilitas sesi foto produk bersama model, Makeup Artist, kolaborasi gratis bersama para influencer, iklan pemasaran, hingga layanan manajemen konten media sosial,” jelasnya.

Salah satu pelaku UKM yang telah memanfaatkan fasilitas online dan offline support dari Ninja Xpress adalah Camille Beauty, sebuah brand kecantikan yang menjual produk-produk skin care seperti body scrub, face mist, masker serta produk kecantikan lainnya.

“Bersama Ninja Xpress, Camille Beauty telah meluncurkan website Camillebeauty.id bersamaan dengan peluncuran Creative Business Solutions pekan lalu (13/1),” kata Andi.

Lebih lanjut, berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, jumlah pelaku UKM di Jawa Timur saat ini sudah menduduki posisi ke-2 dalam nilai kontribusinya kepada negara dengan persentase 25,33 persen. Menurut data BPS tahun 2020, jumlah pelaku UKM di Jawa Timur yang sudah memanfaatkan platform digital tercatat sebanyak 1,1 juta pelaku UKM.

Sedangkan di Malang, jumlah UKM yang sudah go-digital sebanyak 224 ribu pelaku UKM. Ninja Xpress sendiri mencatatkan Shipper yang bergabung ke dalam ekosistem Ninja Xpress saat ini baru mencapai kurang dari 10.000 pelaku UKM.

Hal ini menjadi salah satu semangat Ninja Xpress menghadirkan Creative Hub di Malang, untuk membantu pelaku UKM naik kelas dan lebih siap untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital.

‚ÄúSejalan dengan semangat kami untuk membantu UKM bersaing di dunia digital, kami optimis peluncuran Creative Hub ini dapat mendorong produktivitas Pelaku UKM di Jawa Timur dengan berbasis teknologi dan digital. Kedepannya kami akan terus memperluas kehadiran Creative Hub dan menggaungkan Program Creative Business Solution ini di beberapa daerah lainnya,” tandasnya.

Dalam peluncuran Creative Hub Ninja Xpres di Malang pada Senin (24/1), turut hadir Kepala Bidang Pemasaran Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Anrio Himawan.

Ia pun turut memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Ninja Xpress dalam membantu mendorong perkembangan UKM di wilayah Jawa Timur.(der)