Bangun Kepercayaan Bersama Masyarakat, Strategi PAN Dongkrak Elektabilitas di Pileg 2024

Ratusan peserta antusias mengikuti senam horeg yang digelar untuk memeriahkan Gebyar Pesta Rakyat. Acara itu digagas caleg PAN Kota Batu, Sumarno dan caleg DPR RI dapil Malang Raya, Mujiono. (MVoice/M. Noerhadi)

MALANGVOICE– Ratusan peserta begitu enerjik mengikuti gerakan instrukstur senam horeg yang digelar untuk memeriahkan Gebyar Pesta Rakyat di Lapangan Sumbersari, Desa Sumberejo, Kota Batu, Minggu (24/12). Dijuluki senam horeg lantaran diiringi musik bertempo cepat dengan dentuman suara yang menggelar.

Gebyar Pesta Rakyat itu diisi pula dengan kegiatan cek kesehatan gratis serta bazar murah menjual beragam sembako dan produk UMKM Kota Batu. Gelaran tersebut digagas oleh Sumarno, caleg DPRD Kota Batu dari Partai Amanat Nasional (PAN) nomor urut 7 dapil Batu 1. Hadir pula H.M. Mujiono, S. IP M.PD, C. Me, caleg PAN DPR RI nomor urut 1 yang bertarung di dapil V Jawa Timur Malang Raya.

Sumarno menuturkan, Gebyar Pesta Rakyat sebagai sarana hiburan bagi Kota Batu. Serta wujud kepedulian dalam membantu meringankan masyarakat melalui bazar murah yang menjajakan beragam sembako dan produk UMKM. Ditampilkannya produk UMKM agar bisa dikenal sehingga bisa merambah ke pangsa pasar yang lebih luas.

“Banyak sekali produk UMKM di Kota Batu, semisal di Sumberejo ada produk makanan krupuk samiler. Kami melibatkan ibu-ibu PKK, generasi muda di Karang Taruna. Namun, ini perlu pendampingan agar produk itu dikenal lebih luas,” kata pria asal Desa Sumberejo itu.

Baca juga:
Waroeng Steak & Shake Urutan Pertama Top of Mind Brand Halal Awareness

Ajak Calon Investor Manfaatkan Peluang Segitiga Emas Lewat Produk EazyKost Sigura-gura

Partai Buruh Kota Batu Tunjukkan Eksistensi di Momen Peringatan Hari Ibu 2023

Jawa Timur Sasaran ‘Seksi’ Dongkrak Elektabilitas Partai Demokrat

Ia menambahkan, kader-kader partai terus melakukan kerja-kerja politik penyusunan strategi agar mendulang perolehan suara maksimal di ajang Pileg 2024. Termasuk di Kota Batu yang ditarget satu dapil satu kursi. Khusus dapil 1 ditarget memperoleh dua kursi. Dapil 1 meliputi wilayah Kelurahan Ngaglik, Kelurahan Songgokerto, Desa Sumberejo, Desa Sidomulyo, dan Desa Pesanggarahan. Secara keseluruhan, di Kota Batu terdiri empat dapil. Yakni dapil Batu 1, Batu 2, dapil 3 Kecamatan Bumiaji dan dapil 4 Kecamatan Junrejo.

“Saya meyakini, elektabilitas PAN di Kota Batu cukup tinggi melihat banyaknya masyarakat yang datang pada kegiatan hari ini. Saya juga mengajak masyarakat memilih dengan hati nurani agar bisa menghasilkan pemimpin yang amanah. Dari situ akan terlihat, pemimpin yang amanah pasti memperjuangkan aspirasi masyarakat,” papar Sumarno.

Sementara itu, caleg PAN DPR RI dapil Malang Raya, H.M. Mujiono, S. IP M.PD, C. Me, menyampaikan, Gebyar Pesta Rakyat tersebut merupakan implementasi konkrit program mengatasi persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat. Hal itu representasi slogan ‘PAN Bantu Rakyat’. Apalagi setiap datangnya pemilu, para caleg selalu datang menawarkan janji manis. Bukannya diberdayakan, justru masyarakat malah diperdaya.

“Tapi PAN menunjukkam bukti bukan sekedar memberikan janji. Salah satu contohnya adalah kegiatan pesta rakyat. Kegiatan ini bukan kampanye,” kata Mujiono.

Ia menerangkan, pada Pemilu 2024, PAN tampil berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini partai berlambang matahari terbit itu memperbarui sistem kerja politik disertai pula aplikasi pendataan guna menangkal kecurangan di tempat pemungutan suara (TPS).

Terlebih pada politik elektoral kali ini, PAN memasang target 1 kursi DPR RI dari dapil Malang Raya. Begitu juga ditargetkan memilki perwakilan kursi DPRD Jatim. Karena selama ini masih belum ada kader PAN di legislatif Jatim. Sementara di Kota Batu menunjukkan perkembangan cukup positif. Apalagi ada beberapa caleg potensial dari partai lain yang lompat ke PAN.

“Kami juga membangun kepercayaan bersama masyarakat sehingga saya yakin PAN dapil Malang Raya mendapat target 1 kursi DPR RI. Masyarkat juga jangan golput karena sangat rugi. Pemilu menentukan nasib bangsa selama 5 tahun mendatang,” pungkasnya.(Der)