APBD 2016 Kota Batu Harus Berbasis Pembangunan Pariwisata

MALANGVOICE – Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, akan memaksimalkan konsep pembangunan berbasis pariwisata, dan itu harus tercermin dalam Rancangan APBD 2016 yang sebentar lagi dibahas dengan DPRD.

“Saya yakini sektor pariwisata ini fundamentalnya sangat kuat untuk dijadikan pijakan, khususnya di Kota Batu,” ungkap Eddy Rumpoko kepada wartawan.

Menurutnya, untuk merancang APBD 2016 harus ada beberapa pertimbangan, salah satunya adanya krisis global. Sehingga, bila terjadi krisis, Kota Batu tidak akan terdampak besar sebagaimana daerah lain.

BNN Kota Malang

“Ada pertimbangan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Batu yang akan menjadi pencermatan kita semua, khususnya terkait pariwisata yang kita usung, dan sektor lain pada umumnya,” sambung Wali Kota.

Wali Kota yang kerap disapa ER itu mengatakan, hasil pencermatan yang telah dilakukan akan digunakan dasar Pemkot Batu dalam menyusun strategi pembangunan.

Salah satunya penguatan permodalan Unit Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan regulasi yang mengatur tentang retribusi maupun pajak daerah kepada pelaku usaha.

“Ini harus dibicarakan juga supaya tidak ada PHK, dan tidak ada juga pengangguran. Sehingga persoalan investasi akan kita dorong terus guna menguatkan sektor pariwisata,” tandasnya.