Akar Lapuk, Pohon Tumbang Sempat Sebabkan Macet di Buring

Pohon tumbang di Jalan Mayjen Sungkono, Buring, Kedung Kandang, Kota Malang. (BPBD Kota Malang)
Pohon tumbang di Jalan Mayjen Sungkono, Buring, Kedung Kandang, Kota Malang. (BPBD Kota Malang)

MALANGVOICE – Sebuah pohon tumbang di kawasan Jalan Mayjen Sungkono, Buring, Kedung Kandang, Kota Malang, Selasa (12/6). Kejadian ini terjadi sekitar pukul 19.00 WIB dan langsung ditangani tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang.

Menurut hasil identifikasi, pohon tumbang disebabkan oleh akar yang sudah lapuk. Pohon berjenis flamboyan dengan tinggi ±15 m itu tumbang hingga menutup sebagian jalan.

Beruntung tidak ada korban baik luka maupun tewas akibat insiden ini. Kepala BPBD Kota Malang, J Hartono, menyebutkan bahwa, lalu lintas di sekitar lokasi sempat terhambat akibat pohon tumbang menutup jalan.

BNN Kota Malang

“Dampak lainnya, kabel Telkom kendor serta tiang PJU (penerangan jalan umum) miring akibat tertimpa pohon tumbang,” urai Hartono.

Adapun langkah yang telah dilakukan BPBD Kota Malang terkait kejadian ini adalah menugaskan personel tim reaksi cepat (TRC) untuk melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian. Selain itu, pihaknya juga bersama DPKP dan relawan melakukan pembersihan pohon yang tumbang.

“Kami mengimbau kepada warga di sekitar lokasi untuk waspada potensi bencana di sekitar tempat tinggalnya,” serunya.(Coi/Ak)