Ada TPS Ala Kerajaan di Temas Kota Batu

Suasana TPS 17 Kelurahan Temas berkonsep kerajaan mulai dekorasi hingga kostum petugas KPPS, Rabu (27/6). (Aziz Ramadani/ MVoice)
Suasana TPS 17 Kelurahan Temas berkonsep kerajaan mulai dekorasi hingga kostum petugas KPPS, Rabu (27/6). (Aziz Ramadani/ MVoice)
Article top ad

MALANGVOICE – Tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Batu berkreasi agar menarik perhatian calon pemilih. Salah satunya TPS 17 di Kelurahan Temas RT17, RW07 ini. Cukup menarik perhatian dengan konsep ala kerajaan.

Untuk mengakses TPS ini memang masuk dalam jalan kecil di pemukiman penduduk. Begitu mendekati TPS disambut alunan musik tradisional dengan instrumen gamelan. Petugas KPPS berkostum senada dengan adat jawa. Perempuan memakai kebaya dan laki-laki memakai batik dan udeng.

Dekorasi TPS pun bernuansa kerajaan. Ada beberapa tombak dijadikan interior ruangan. Berkombinasi dengan kain batik yang dikreasi sedemikian rupa.

“Ini unik. Cinta budaya Indonesia,” kata pemilih Dita Indah ditemui usai nyoblos.

Sementara itu, Ketua KPPS 17 Kelurahan Temas Eko Prasetyo mengatakan, dipilih konsep kerajaan bukan tanpa alasan. Tepatnya simbolis dari prajurit yang mengabdi kepada negara atau kerajaan.

“Mau pakai tema piala dunia pasti banyak yang pakai. Kami putuskan konsep kerajaan,” kata Eko.

Seluruh kelengkapan dekorasi hingga kostum, lanjut dia, merupakan swadaya warga setempat. Tidak ada uang yang dikeluarkan pihak KPPS 17 Kelurahan Temas.

“Warga di sini kompak. Kostum ini saja dari warga,” sambung dia.

Besar harapan dengan inovasi ini tingkat pemilih menyalurkan suaranya tinggi.

“Memang tujuannya agat warga semangat datang ke TPS,” tutupnya.

Perlu diketahui, jumlah DPT (daftar pemilih tetap) TPS 17 Kelurahan Temas Kota Batu 472 orang. Yakni dengan rincian 242 pemilih laki-laki dan 230 pemilih perempuan.(Der/Ak)