Calon Mahasiswa Perlu Tahu Tips Ini agar Tak Salah Jurusan

Siswa yang datang mengunjungi stan. (Ayuni Gemini)

MALANGVOICE – Bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi harus memperhatikan beberapa tips dan trik supaya tidak merasa “salah jurusan” ketika sudah duduk di bangku perkuliahan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, memilih perguruan tinggi sebaiknya tidak asal asalan. Dia menyarankan agar siswa memperhatikan segi kualitas per prodi maupun fakultas.

“Kebanyakan siswa saat ini ketika memilih perguruan tinggi hanya memperhatikan pesona kampus semata tanpa memperhatikan akreditasi institusi,” katanya.

Dia juga menambahkan, mahasiswa perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya baik itu dari internet ataupun datang langsung ke acara pameran pendidikan.

“Datang ke pameran pendidikan bisa memberikan banyak referensi, mulai dari macam-macam prodi, biaya perkuliahan, beasiswa, dan cara pendaftaran. Jadi harus dimanfaatkan event seperti ini dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Selain itu Wakil Rektor III Universitas Islam Malang (Unisma), Dr Ir Badat Muwakhid mengatakan ketika memilih perguruan tinggi pastikan pula akreditasi institusi maupun prodi sudah B atau A. Artinya, kampus dengan akreditasi bagus menunjukkan kualitas proses belajar mengajar program dan fasilitas.

“Karena akreditasi juga memberikan perngaruh pada tingkat penerimaan kerja lulusan, jadi harus dipertimbangkan,” tuturnya.(Der/Aka)