Di SMPN 3 Malang, Siswa USBN Pakai Smartphone Android

Ujian dengan aplikasi That Quiz. (Anja)

MALANGVOICE – Semua siswa jenjang SMP/MTs melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 9-14 April 2018. Ujian ini dilaksanakan berbasis komputer/laptop. Di Kota Malang, salah satu sekolah melaksanakan USBN menggunakan smartphone Android, yaitu SMPN 3 Malang.

Waka Kurikulum SMPN 3 Malang, Elly Hartatiek mengatakan, USBN di SMPN 3 Malang menggunakan Aplikasi Android That Quiz dengan sistem online. Sebanyak 291 siswa kelas XII sudah menginstall aplikasi ini di perangkat masing-masing. Cara kerjanya, siswa login dengan token masing-masing, lalu soal akan terpampang pada aplikasi. Siswa tinggal menjawab dengan meng-klik tombol pilihan pada aplikasi. Soal-soal pun merupakan soal buatan guru SMPN 3 Malang yang diupload ke aplikasi itu.

“Yang tidak punya smartphone Android, kita siapkan ruangan ujian di lab komputer. Bisa mengerjakam dengan laptop,” kata Elly.

Elly mangaku pelaksanaan USBN berbasis Android ini bukan yang pertama. Sekolah sudah sejak 3 (tiga) tahun terakhir melaksanakan USBN seperti ini. Ternyata, guru pun lebih mudah mengawasi, hemat kertas, dan proses rekap nilai lebih cepat.

“Bukan hanya USBN saja yang berbasis IT atau Android. Beberapa kegiatan mengajar, ujian harian juga sudah berbasis IT,” pungkasnya. (Der/Ery)